Hindari Kecelakaan Akibat Lelah, Apa Obatnya?

Kelelahan juga dapat disebabkan karena psikis.  

Kelelahan juga dapat disebabkan karena psikis.  

VIVAlife - Peristiwa meninggalnya Ustaz Jeffry Al Buchori masih menjadi pemberitaan hangat. Uje, demikian ia akrab disapa dikabarkan meninggal dalam kecelakaan tunggal yang diduga akibat kelelahan.

Tak hanya dialami Uje, kecelakaan karena tubuh tubuh lelah juga kerap disebut sebagai penyebab kecelakaan.  Apa yang menyebabkan kita menjadi lelah? "Kurang tidur merupakan faktor utama seseorang mengalami kelelahan. Beraktifitas seharian bahkan sampai larut malam, pasti mengurangi jumlah tidur," ujar pengamat kesehatan sekaligus spesialis penyakit dalam, Dr. Ari F Syam.

Menurutnya kelelahan dapat berdampak pada gangguan sistem pencernaan, gangguan kerja jantung, pembuluh darah otak, serta menurunnya daya tahan tubuh. Selain itu, kelelahan juga dapat terjadi karena psikis dipaksa terus bekerja tanpa istirahat.

"Kelelahan fisik dan psikis akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang. Dengan demikian mereka rentan terkena infeksi, seperti virus influenza, virus usus (diare), virus hepatitis, demam thypoid, dan demam berdarah," jelas Ari Syam.

Saat lelah, konsentrasi otomatis menurun. Termasuk konsentrasi dalam pekerjaan dan berkendara. Dalam kondisi ini, yang Anda butuhkan hanya beristirahat atau refreshing. Bukan kopi atau minuman berenergi. Kafein memang dapat memberikan kesegaran, akan tetapi sifatnya hanya sesaat.

"Tubuh sebenarnya punya alarm yang memberi tanda kapan tubuh harus beristirahat. Hanya saja, kita tak pernah memperhatikan, dan terus tetap bekerja. Jenuh, lelah, nafsu makan berkurang, mual, badan terasa lemas, meriang, atau panas dingin, pegal, serta pusing, merupakan tanda kita harus beristirahat," ujarnya. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/408954-hindari-kecelakaan-akibat-lelah--apa-obatnya-
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger