Inikah Syarat dari BNN Jika Raffi Ingin Bebas?

Raffi Ahmad (ANTARA/Teresia May)

Raffi Ahmad (ANTARA/Teresia May)

VIVAlife - Setelah tiga bulan berada dalam tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN), Raffi Ahmad akhirnya dijadikan tahanan kota. Ia tak lagi harus mendekam di Unit Terapi dan Rehabilitasi BNN di Lido, Jawa Barat.

Namun, tak banyak yang tahu, di balik resminya Raffi menjadi tahanan kota, ada syarat yang harus dipenuhi presenter "Dahsyat" itu. Salah satu kuasa hukum Raffi, Gloria Tamba, akhirnya buka suara soal "syarat" dari BNN yang harus dijalani Raffi untuk bisa menjadi tahanan kota.

Gloria menyebutkan, jika ingin "bebas", Raffi harus melepas tim Hotma Sitompul sebagai kuasa hukumnya.

"BNN tidak menjaga wibawa lembaganya dengan menempuh tindakan yang melanggar hukum. Memaksa Raffi melepas kuasa dari kantor kami. Secara hukum, tindakan BNN tersebut sangat tidak etis dan menghina profesi advokat," tegasnya saat dihubungi melalui telepon.

Ia melanjutkan, tidak pernah ada riwayatnya, seorang tersangka harus melepas kuasa hukum sebagai syarat penangguhan penahanan.

"Jangan BNN mengatakan Raffi yang berkeinginan seperti itu, karena kami tahu fakta yang sebenarnya," imbuhnya.

Ia juga tak setuju jika Raffi dinyatakan boleh keluar dari rehabilitasi atas permintaan orangtua. Jika benar demikian adanya, kata Gloria, seharusnya dilakukan sejak lama.

Menurutnya, alasan itu hanya akal-akalan BNN agar tak malu saat 'membebaskan' Raffi. Ia berpendapat, Raffi memang sudah seharusnya dikeluarkan dari Lido karena ia bukan pecandu. "Hasil pemeriksaan di MKDKI jelas menunjukkan adanya pelanggaran dalam pemeriksaan terhadap Raffi," tuturnya lagi.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kabag Humas BNN Sumirat Dwiyanto langsung membantah tuduhan kuasa hukum Raffi. Ia menuturkan, hak untuk memutus kuasa hukum tak bisa dilakukan BNN.

"Hak memutuskan untuk mengangkat dan memberhentikan siapa pengacara seseorang bukan di BNN tapi keluarga dan tersangka," terangnya pada VIVAlife melalui pesan singkat, Senin, 29 April 2013.

Ia pun menyebutkan, alasan BNN menjadikan Raffi tahanan kota, adalah atas rekomendasi dokter. (sj)


http://us.life.viva.co.id/news/read/408849-inikah-syarat-dari-bnn-jika-raffi-ingin-bebas-
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger