VIDEO: Menikmati Kelezatan Waffle Belgia

Berukuran sangat besar, waffle Brussel sangat renyah di luar dan lembut di dalam. (Dok. KAKI 5 ANTV)

Berukuran sangat besar, waffle Brussel sangat renyah di luar dan lembut di dalam. (Dok. KAKI 5 ANTV)

VIVAlife - Kudapan favorit warga Jerman sejak zaman kuno adalah sosis. Tak heran hingga kini sosis banyak dijumpai hingga di kaki limanya. Sosis dikenal dengan sebutan wurst. Salah satunya bratwurst. Brat dalam bahasa Jerman artinya daging cincang dan wurst artinya sosis.

Daging yang digunakan biasanya daging babi. Meski ada juga daging sapi dan ayam. Keunikannya adalah dari cara menyantapnya. Yaitu hanya dengan roti saja, tanpa sayuran. Atau bisa juga dipotong kecil-kecil. Selain sosis, jajanan kaki lima lainnya yang bisa ditemui di Jerman adalah kue nougat bretzel dan apple strudle.

Kalau Jerman punya kue khas, Belanda juga tak mau kalah. Yang paling terkenal asli Belanda adalah pofertjies. Berbahan dasar tepung, susu, dan gula dicampur mentega, pofertjies Belanda sangat lembut dan nikmat disantap saat panas. Cara menyantapnya dengan diolesi mentega dan ditaburi gula halus.

Bentuk pofertjies di Belanda lebih pipih dan tidak bulat seperti pofertjies yang ada di Indonesia. Seperti diketahui karena kedekatan dengan Belanda, pofertjies juga dikenal di Indonesia.

Pofertjies bisa dengan mudah didapati di kaki lima saat digelar pasar malam. Karena menjelang Queen's Day atau ulang tahun Ratu Belanda, di akhir bulan April, selalu digelar pasar malam di berbagai tempat di Belanda. Pasar malam dan acara lain dalam rangka hari ulang tahun ratu Belanda biasanya dilaksanakan sampai awal Mei setiap tahunnya.

Selain pofertjies, jajanan kaki lima yang selalu ada di setiap pasar malam adalah harum manis, atau gula kapas, atau cotton candy. Nah, Kue lainnya  yang sangat terkenal di Belanda lainnya adalah pancake. Pancake di Belanda disajikan dalam porsi besar, dengan topping es krim, sirup, dan buah.

Sementara Belgia memiliki kue tradisional yang mendunia, waffle. Belum makan waffle kalau belum mencicipinya di negeri asal waffle ini. Hanya  di Belgia, resep waffle dijaga turun temurun keasliannya tanpa menambah dan mengurangi resep asli.

Di seluruh Belgia, banyak ditemukan kedai waffle. Setiap daerah memiliki jenis waffle sendiri-sendiri. Yang paling terkenal adalah waffle Brussel. Berukuran sangat besar, waffle Brussel sangat renyah di luar dan lembut di dalam. Dengan tambahan cokelat, es krim, juga buah segar, cita rasa waffle Brussel sangat istimewa.

Selain waffle, Belgia juga sangat dikenal dunia dengan produksi cokelatnya. Belgia disebut sebut sebagai pesaing Swiss dalam memproduksi cokelat. Di seluruh Belgia, bisa didapati pabrik cokelat dan kedai cokelat. 

Namun cokelat Brussel-lah yang paling tersohor karena di sana merupakan rumah bagi banyak pabrik cokelat ternama di dunia. Untuk kedai dan toko cokelat, banyak dijumpai di  daerah wisata seperti di dekat La Grand Palace. Penasaran dengan serunya wisata kuliner di Erop. Intip video cuplikannya di tautan ini dan selengkapnya tonton di acara KAKI 5 ANTV, Sabtu, 27 April 2013, pukul 09.30 WIB. (umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/408402-video--menikmati-kelezatan-waffle-belgia
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger