FOTO: Menyusuri Lima Pantai Eksotis di Sumbawa Barat

Pantai Kertasari juga dikenal sebagai tempat budidaya rumput laut bagi warga sekitar. (Muthz Turcan)

Pantai Kertasari juga dikenal sebagai tempat budidaya rumput laut bagi warga sekitar. (Muthz Turcan)

VIVAlife - Anda pencinta pantai dan rindu menjejakkan kaki di pasir nan halus? Jika iya, datanglah ke Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Sejak lama, Sumbawa barat dikenal dengan pantainya yang indah dengan pasirnya yang lembut.

Lokasinya yang dibatasi Selat Alas -- yang memisahkan Pulau Sumbawa dengan Pulau Lombok -- membuat Sumbawa Barat menjadi tujuan wisata menarik. Jaraknya pun tak jauh dari Lombok maupun Bali.

Nah, bila Anda berencana liburan ke Sumbawa Barat, pastikan untuk tidak melewatkan sejumlah pantai berikut ini:

1. Pantai Lawar

Pantai satu ini merupakan surga bagi pecinta selancar. Pantai yang diapit dua ceruk bebatuan tersebut dikenal memiliki deru ombak yang cukup ekstrem.

Namun bagi Anda yang tak suka olahraga menantang, bebatuan yang menjulang di kanan dan kiri pantai bisa jadi spot menarik untuk berfoto. Pantai Lawar cocok juga untuk Anda yang hobi fotografi karena pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat sempurna dengan refleksi warna lembayung senja yang cantik saat cuaca tengah bersahabat.

Pantai Lawar berada di pesisir barat Sumbawa. Jalan menuju pantai ini cukup terjal dan menantang. Meski demikian, lelah di perjalanan terbayar dengan pemandangan nan eksotis di pantai tersebut.

2. Pantai Rantung

Pantai Rantung menjadi incaran turis mancanegara untuk bergelut dalam ombaknya yang tinggi dan menantang. Rantung juga dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk berselancar di dunia dan sempat diulas dalam sebuah situs online jalan-jalan asal Amerika Serikat.

Pantai ini juga beberapa kali menjadi tempat kejuaraan selancar tingkat dunia. Tak heran lebih banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke sini di bandingkan wisawatan domestik. Gulungan ombaknya yang mencapai di atas dua meter membuat pantai ini dikenal hingga ke mancanegara.

3. Pantai Maluk

Jangan bilang Anda pernah datang ke Sumbawa Barat kalau belum ke pantai yang satu ini. Pantai yang  berada di Desa Maluk tersebut, dikenal dengan panoramanya yang indah dan surga bagi pencinta fotografi.

Lokasinya yang berada tak jauh dari hiruk pikuk Desa Maluk ini, juga dikenal dengan pasir 'merica' yang halus dengan warna yang berkilau saat terpapar mentari. Ombaknya yang cukup bersahabat pas untuk Anda yang gemar berenang, snorkeling atau mendayung kano. Bagi pecinta kuliner, jangan melewatkan dendeng sapi goreng yang terkenal enak di pantai ini.

4. Pantai Ai'K Kangkung

Terletak di desa terpencil bernama Ai'k Kangkung, tak banyak yang tahu tentang keberadaan pantai yang satu ini. Pantainya bersih dan pasirnya sangat lembut. Cobalah melepaskan alas kaki Anda dan rasakan betapa lembutnya pasir di pantai ini. Tak lama lagi pantai ini akan mulai dikenal banyak orang seiring dibangunnya sebuah resor.

5. Pantai Kertasari

Terletak di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat, pantai yang satu ini memiliki panorama yang sangat unik dengan kombinasi bebatuan menjulang tinggi di kanan dan kiri dan pulau kecil tak berpenghuni yang berada di tengah pantai. Pantai Kertasari juga dikenal sebagai tempat budidaya rumput laut bagi warga sekitar. Air laut berwarna biru tosca semakin menampakkan keindahannya jelang matahari tengggelam.

Lihat foto-fotonya di tautan ini.

Transportasi ke Sumbawa Barat tidaklah sulit. Anda cukup menuju Lombok untuk sampai ke sana. Selain itu, dengan banyaknya wisatawan domestik dan asing yang datang, kini akses transportasi ke Sumbawa Barat kian marak sehingga Anda mempunyai banyak pilihan menuju pantai favorit.

Laporan: Muthz Turcan


http://us.life.viva.co.id/news/read/414839-foto--menyusuri-lima-pantai-eksotis-di-sumbawa-barat
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger