Hindari Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Perlindungan total terlengkap dari Pepsodent Expert Protection.  

Perlindungan total terlengkap dari Pepsodent Expert Protection.  

VIVAlife – Seperti halnya rambut, gigi juga merupakan salah satu modal utama dalam setiap penampilan salah satunya senyum yang menawan. Senyum yang ditampilkan tentu harus mendapatkan dukungan dari deretan gigi yang sehat, putih dan nafas segar.

Banyak orang yang tanpa sadar mengkonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan dan warna gigi. Berikut adalah daftar makanan yang mungkin bisa dihindari:

Teh
Walaupun dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, jika diminum secara rutin ternyata teh dapat meninggalkan noda pada gigi putih Anda. Bahkan teh mampu meninggalkan noda lebih daripada kopi. Studi terbaru telah menemukan bahwa teh herbal memiliki potensi untuk mengikis email dan menyebabkan pewarnaan pada gigi.

Minuman Bersoda dan Berkarbonasi
Kandungan asam dan chromogens pada soda dapat menyebabkan pewarnaan gigi. Keasaman dalam beberapa minuman berkarbonasi sangat kuat, dan ini setara dengan keasaman sebuah baterai. Selain mengandung zat adiktif yaitu perasa dan pewarna tambahan, minuman bersoda menambah efek erosif. Bahkan wine pun terkenal sebagai faktor penyebab pewarnaan pada gigi karena merupakan minuman asam dengan molekul berpigmen intens disebut tanin dan chromogens.

Permen
Bagi penyuka makanan manis seperti permen karet dan es krim, cobalah perhatikan jika lidah berubah warna, maka makanan tersebut membuat gigi ternoda. Akan lain jika makanan tersebut dikonsumsi sesekali saja, maka efeknya tidak akan terlalu terlihat.

Saus dan Kecap
Selain sebagai penambah rasa dalam setiap masakan, saus dan kecap ternyata mempunyai potensi mewarnai gigi sangat tinggi. Jika Anda memang tidak bisa makan tanpa saus atau kecap, maka ada baiknya memilih saus yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pewarna tambahan. Berkumur atau sikatlah gigi setelah makan untuk mengurangi kemungkinan noda tertinggal pada gigi.

Minuman Energi
Sebuah penelitian menemukan bahwa minuman energi dengan kadar asam tinggi ternyata dapat mengikis email gigi yang memudahkan noda tertinggal pada gigi. Jadi minum air putih setelah berolah raga adalah pilihan terbaik khususnya bagi gigi Anda.

Buah-buahan Golongan "Beri"
Jenis buah-buahan ini memiliki molekul kecil dengan pigmentasi sangat tinggi yang sering menempel pada email gigi. Itu yang menjelaskan mengapa blueberry, blackberry, chery, delima, dan buah-buahan beri berwarna lainnya dapat menodai gigi. Termasuk jus dan kue yang terbuat dari buah-buah juga bisa menyebabkan noda.

Buah dengan pigmentasi lebih sedikit seperti anggur putih dan cranberry putih cenderung lebih tidak menodai gigi. Namun kandungan zat asamnya masih dapat membahayakan email, jadi pastikan untuk rajin menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Lalu bagaimana meminimalkan pewarnaan gigi namun tetap mendapatkan nutrisi dari makanan tersebut di atas? Blueberry, blackberry, dan saus tomat misalnya, kaya akan antioksidan. Jadi teruslah mengkonsumsinya namun dengan jumlah yang secukupnya, atau sekali-kali gantilah dengan sumber antioksidan lain, seperti kembang kol, apel, jeruk, dan melon.

Bagi yang hobi minum minuman favorit seperti soda, jus dan es teh ada baiknya menggunakan sedotan guna mencegah kontak dengan gigi-gigi putih Anda.

Yang terpenting adalah untuk menyikat gigi sehabis mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan kerusakan email gigi dengan menggunakan pasta gigi berkandungan lengkap untuk menjaga kesehatan gigi.

Kandungan berupa butiran halus microgranules dalam Pepsodent Expert Protection dapat masuk hingga ke sela-sela gigi, ke area yang sulit terjangkau sehingga gigi bersih menyeluruh, tidak hanya di permukaan.
Jadi memilih pasta gigi yang baik sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi. (Web)


http://us.life.viva.co.id/news/read/409484-hindari-jenis-makanan-dan-minuman-perusak-gigi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger