Kenali Empat Pemicu Bau Mulut

Menyikat gigi terlalu sering ternya bisa memicu bau mulut. (istockphoto)

Menyikat gigi terlalu sering ternya bisa memicu bau mulut. (istockphoto)

VIVAlife - Pernahkah lawan bicara menutup hidung ketika Anda tengah berbicara? Bisa jadi mereka melakukan hal tersebut guna menghindari bau yang keluar dari mulut Anda.

Ya, halitosis atau bau mulut memang bisa menyerang siapa saja, tanpa kecuali. Ini karena gigi merupakan tempat paling kotor di antara bagian tubuh lainnya dan tempat bersarangnya mikroorganisme yang bisa memunculkan masalah kesehatan mulut.

Menurut drg. Cipthadi Oka Binarta, M. Biomed dari Universitas Trisakti,  selain merupakan bakat, bau mulut juga disebakan karena sulfur yang tinggi dalam mulut. "Riwayat karies gigi juga dapat menjadi penyebabnya," ujar Cipthadi saat ditemui di Senayan City, Jakarta.

Berikut adalah faktor-faktor lain yang bisa memicu bau mulut.

- Sering menyikat gigi
Menyikat gigi yang baik dilakukan setiap pagi (bangun tidur) dan menjelang malam (akan tidur). Akan berbahaya ketika Anda terlalu sering menyikat gigi karena dapat merusak enamel dan lapisan permukaan gigi sehingga memicu gigi berlubang dan akhirnya memunculkan bau mulut.

- Sering menggunakan obat kumur
Tak banyak tahu bahaya di balik seringnya menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur yang baik adalah obat kumur yang tidak memiliki kandungan chlorhexidine. Ini merupakan zat aktif yang terdapat dalam obat kumur. Kalau digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan karang gigi dan membentuk plak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain mencegah timbulnya kanker juga mencegah mulut kering yang berpotensi memunculkan bau mulut.

- Diabetes
Cipthadi mengatakan para diabetisi--penderita diabetes-- merupakan orang yang sering mengalami masalah bau mulut. Ini karena adanya pembakaran lemak dari dalam tubuh.

"Selain pembakaran lemak, kadar gula yang tinggi menyebabkan penyerapan kalsium yang diambil dari gigi. Alhasil gigi menjadi goyang dan mudah terkikis," katanya.

- Sinusitis
Sedikit yang mengetahui kalau peradangan di rongga sinus atau polip dapat menyebabkan bau mulut. Kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi pada rongga kepala di sekitar hidung dapat membengkak. Ketika hal ini terjadi, maka dapat terjadi penyumbatan -- akibat abses atau nanah--.


http://us.life.viva.co.id/news/read/416203-kenali-empat-pemicu-bau-mulut
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger