Saran MUI Setelah Eyang Subur "Ceraikan" 3 Istri

Eyang Subur (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Eyang Subur (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAlife - Eyang Subur akhirnya melepaskan tiga istrinya, Sabtu lalu. Keputusan ini sesuai dengan Fatwa MUI No. 17/2013. Atas sikap itu, MUI memberi saran khusus untuk mantan guru spiritual Adi Bing Slamet itu.

Menurut Sekretaris Komisi Fatwa MUI Provinsi DKI Jakarta, Fuad Thohari, Selasa 28 Mei 2013, kalau saja Subur menikahi wanita-wanita tersebut secara sah dan memiliki anak, maka nasab (pertalian keluarga) dapat dikembalikan kepada bapaknya. Namun apabila tidak sah, harus dikembalikan kepada ibunya.

"Tapi MUI menyarankan agar Eyang Subur memberikan santunan kepada perempuan yang pernah tinggal bersamanya," kata Fuad Thohari kepada VIVAlife.

Sebelumnya, Eyang Subur dianggap telah melakukan penyimpangan dari ajaran Islam. Pria paruh baya itu memiliki istri lebih dari empat--batas maksimal yang digariskan dalam syariat Islam.

Eyang Subur pun melepaskan tiga istrinya, yakni istri ke-5 Reny Mulya Ningsih; istri ke-7 Anniesa, dan istri ke-8 Nita Septiarini. Ini disebut "melepaskan", bukan "menceraikan" karena perkawinan ke-5 dan seterusnya menurut MUI sudah tidak bisa disebut pernikahan. 

"Maka Eyang Subur harus segera menghentikan dan melepaskan serta mengembalikan wanita-wanita yang pernah bersamanya kepada keluarga dan orangtuanya. Syukur-syukur bisa berikan juga bantuan kepada mereka dan anak-anaknya," tutur Fuad.

Fuad berharap, Eyang SUbur yang telah memiliki 18 anak ini bisa kembali ke jalan yang benar dan menjalani hidup yang sesuai dengan ajaran Islam. (kd)


http://us.life.viva.co.id/news/read/416566-saran-mui-setelah-eyang-subur--ceraikan--3-istri
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger