Studi: Pemilik IQ Tinggi Melihat dengan Cara Berbeda

Individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat ketimbang individu dengan IQ rendah. (iStockphoto)

Individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat ketimbang individu dengan IQ rendah. (iStockphoto)

VIVAlife - Pemilik IQ tinggi tak hanya dikenal lebih cerdas. Mereka juga ternyata berbeda dalam memproses informasi sensorik.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Cell Press Journal Current Biology, otak pada pemilik IQ tinggi otomatis lebih selektif ketika mengamati objek bergerak. Mereka cenderung menekan objek besar dan gerak latar belakang yang kurang relevan.

"Ini tidak berarti orang dengan IQ tinggi hanya lebih baik dalam persepsi visual. Sebaliknya, persepsi visual mereka lebih diskriminatif," kata salah seorang peneliti, Duje Tadin dari University of Rochester seperti dilansir laman Daily Mail.

Menurut Tadin, pemilik IQ tinggi unggul dalam melihat objek kecil dan benda bergerak. Namun, mereka kesulitan dalam mengamati objek besar dan gerakan latar belakang.

Dalam melakukan penelitian, para ilmuwan meminta sejumlah individu menonton video balok bergerak pada layar komputer. Individu ini diminta menyatakan apakah balok bergerak ke kiri atau ke kanan.

Para peneliti kemudian mengukur berapa lama video diputar sebelum individu mampu menebak gerakan dengan benar. Hasilnya, individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat ketimbang individu dengan IQ rendah.
 
"Ini tidak terduga," ujar Tadin.

Kejutan muncul saat tes dengan objek lebih besar justru memperlihatkan hal sebaliknya. Individu dengan IQ tinggi lebih lambat melihat apa yang ada di hadapan mereka.

"Ada sesuatu tentang otak individu IQ tinggi yang mencegah mereka melihat gambar besar, gerakan latar belakang dengan cepat," ucapnya. (art)


http://us.life.viva.co.id/news/read/416349-studi--pemilik-iq-tinggi-melihat-dengan-cara-berbeda
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger