Awas, Empat Santapan Ini Bisa Buat Orang Overdosis

Overdosis air putih fatal akibatnya untuk kesehatan. (http://www.rinagu.com)

Overdosis air putih fatal akibatnya untuk kesehatan. (http://www.rinagu.com)

VIVAlife - Overdosis (OD) atau kelebihan dosis merupakan gejala akibat kelebihan obat. OD juga kerap dikaitkan dengan para pengguna narkoba. Namun, ternyata, istilah ini juga berlaku bagi para penikmat makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satunya adalah kopi. Meski kerap dijadikan minuman penyemangat di pagi hari, ternyata minuman ini memiliki batasan konsumsi. Mayo Clinic menyarankan agar tidak mengonsumsi lebih dari 500 sampai 600 miligram kafein sehari.

Karena, kalau berlebihan dapat menyebabkan insomnia, gelisah, mual, denyut jantung tak teratur, tremor otot, dan sakit kepala. Bahkan, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat berakibat fatal. Dalam Life Science, ada beberapa makanan dan minuman yang wajib diketahui ketika Anda mengonsumsinya berlebihan.

Wortel
Sayuran ini memang kaya akan vitamin, mineral, serat yang baik untuk kesehatan. Sayuran berwarna orange ini juga mengandung betakaroten yang baik untuk menjaga keseharian mata pada khususnya.

Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, dapat memengaruhi aliran darah. Ketika aliran darah sudah terkontaminasi dengan karoten, dapat menyebabkan perubahan pada lapisan kulit, seperti telapak tangan, telapak kaki, lutut, daerah hidung, juga kuku.

Tuna Sushi
Bagi para pencinta sushi, boleh waspada. Sebab, mengonsumsi tuna mentah dalam jumlah tak moderat, berpotensi terkena merkuri yang terakumulasi dalam tubuh. Diketahui, tuna sushi dari restoran memiliki tingkat merkuri yang cukup tinggi. Apalagi, kalau dikonsumsi oleh wanita hamil dan anak-anak, dapat menyebabkan masalah neurologis parah.

Teh Kombucha

Adalah teh hasil fermentasi jamur yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ketika Anda mengonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk, terutama bagi yang menderita penyakit akut. Adapun gejala yang ditimbulkan ketika tak mengonsumsi dalam jumlah moderat adalah mengalami sesak napas, cenderung lebih agresif, serta suhu tubuh dapat naik hingga 39,4 derajat celsius.

Air
Pada dasarnya kita dianjurkan untuk minum air putih delapan gelas per hari. Ini untuk menggantikan cairan yang hilang. Namun, ternyata, jika dikonsumsi berlebihan dapat berdampak buruk. Ya, keracunan atau biasa disebut dengan hiponatremia.

Dalam Journal of Medicine menemukan, ada 13 persen dari 488 pelari maraton yang mengembangkan hiponatremia. Tak lain penyebabnya karena terlalu banyak minum air putih. (art)


http://us.life.viva.co.id/news/read/424705-awas--empat-santapan-ini-bisa-buat-orang-overdosis
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger