FOTO: Kawasan Tua Yuasa, Tempat Lahir Kecap Sushi

Pembuatan kecap sushi di Kadocho, kawasan pabrik tertua di Yuasa. (CNN Travel)

Pembuatan kecap sushi di Kadocho, kawasan pabrik tertua di Yuasa. (CNN Travel)

VIVAlife - Sushi dan kecap kedelai asin bagai pasangan jiwa. Keduanya selalu disajikan berbarengan, tak terpisahkan. Gurihnya ikan yang berpadu dengan manisnya nasi, makin kaya rasa saat dicelup ke dalam kecap asin.

Kecap tersebut ternyata usianya sudah ratusan tahun. Sekitar 750 tahun lalu, seorang pemuka agama Jepang sampai di Yuasa, setelah melakukan perjalanan panjang ke China. Ia membawa keahlian membuat miso atau pasta kedelai. Kecap kedelai asin, seperti dikutip dari CNN Travel, ditemukannya karena 'kecelakaan'.

Pembuatan kecap sushi di Kadocho, kawasan pabrik tertua di Yuasa

Maksud hati si pemuka agama itu ingin membuat miso tapi yang muncul kemudian adalah kecap sushi. Rasanya asin dan sangat khas. Kecap hasil teknik fermentasi tradisional ini kemudian banyak digunakan dalam mengolah masakan Jepang. Termasuk, jadi 'jodoh abadi' sajian sushi hingga hari ini.

Kawasan Yuasa pun banyak dibangun pusat pembuatan kecap kedelai asin, salah satunya area Kadocho. Sampai hari ini masih ada pabrik tua tempat membuat kecap. Bangunannya yang memiliki nilai sejarah tinggi membuat pemerintah Jepang melindunginya secara hukum. Sehingga, bangunan tak boleh diubah dan tetap seperti aslinya.

Pembuatan kecap sushi di Kadocho, kawasan pabrik tertua di Yuasa

Para pengunjung yang datang tak hanya bisa membeli kecap khas Yuasa tapi juga seperti masuk ke dalam lorong waktu yang membawa ke masa lalu. Pabrik pembuatan kecap juga masih menggunakan alat-alat tradisional. Turis yang datang bisa langsung membeli kecap dan miso dengan rasa otentik.

Ota Kyusuke Ginsei menjual Kinzanji miso yang terkenal lezat..


http://us.life.viva.co.id/news/read/419333-foto--kawasan-tua-yuasa--tempat-lahir-kecap-sushi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger