Mengenal Ragam Kimchi Lezat Khas Korea

Masyarakat Korea juga punya acar yang dinamakan kimchi. (iStock)

Masyarakat Korea juga punya acar yang dinamakan kimchi. (iStock)

VIVAlife - Menyantap sate, nasi goreng, atau soto Betawi tanpa acar memang kurang lengkap rasanya. Rasa asam acar jika dikombinasikan dengan cita rasa asin dan gurih memang berpadu nikmat di lidah.

Itu sebabnya, tak hanya masyarakat Indonesia yang menggemari acar sebagai pendamping hidangan, masyarakat Korea juga punya acar yang dinamakan kimchi. Masyarakat di sana bahkan menyantap hampir semua hidangan dengan kimchi.

Mungkin Anda juga akrab dengan kimchi ini, karena selalu tersedia di setiap restoran Korea. Namun, kimchi yang terkenal hanya kimchi yang terbuat dari sawi putih yang disebut baechu kimchi. Padahal, masih banyak jenis kimchi lezat lainnya. Mau tahu apa saja? Berikut daftarnya seperti diansir laman Seoulistic.

- Ggakdugi kimchi

Walaupun jarang ditemukan di restoran Korea di Jakarta, kimchi yang satu ini terbilang umum dikonsumsi masyarakat Korea Selatan. Bahan utamanya yakni moo atau lobak putih yang dipotong berbentuk dadu. Potongan lobak putih lalu diberi bumbu seperti kimchi dari sawi putih biasa yaitu saus cabai, garam, bawang putih, jahe, dan minyak ikan. Rasa lobak putih membuat kimchi ini memiliki sentuhan cita rasa manis.

- Yeolmumul kimchi

Jenis kimchi ini biasa dinikmati masyarakat Korea di saat musim panas. Terbuat dari lobak musim panas yang masih muda, yeolmumul kimchi biasa disantap sebagai pendamping somyeon atau sejenis hidangan mi Korea.

- Nabak kimchi

Walaupun terdiri atas banyak air, hidangan yang satu ini bukan lah sup, melainkan kimchi. Bahan utamanya lobak putih yang dipotong-potong kecil lalu ditambahkan sayur-sayuran lain seperti daun kol, daun bawang, dan tentu saja saus cabai. Cita rasanya sendiri lebih ringan dan rasa asamnya tidak begitu kuat.

- Chonggak kimchi

Terdiri atas lobak putih yang masih muda, kimchi ini paling digemari para penikmat makanan pedas, karena rasanya yang memang amat pedas dan membakar lidah. Karena, lobak yang digunakan utuh dan tidak dipotong-potong, vitamin serta nutrisi di dalamnya masih terjaga menjadikan kimchi ini sangat menyehatkan untuk disantap.

- Oisobagi kimchi

Hampir sama dengan acar di Indonesia, kimchi ini berbahan dasar ketimun yang cukup dibelah dua berbentuk memanjang, lalu dibaluri saus cabai dan dicampur dengan sayur-sayuran lain. Kimchi jenis ini biasanya disantap sebagai hidangan pendamping sup lobak.

- Bossam kimchi

Kimchi yang satu ini terbilang menarik, karena paling berbeda dengan jenis kimchi lainnya. Bossam kimchi terdiri atas campuran buah-buahan, kacang-kacangan, dan berbagai jenis seafood yang dibungkus dengan sawi hijau utuh. (art)


http://us.life.viva.co.id/news/read/420747-mengenal-ragam-kimchi-lezat-khas-korea
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger