Rapunzel, Sindrom Aneh Ngemil Rambut Sendiri

Ilustrasi rambut indah.  

Ilustrasi rambut indah.  

VIVAlife - Doyan ngemil, sebenarnya bukan sesuatu yang aneh. Asalkan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat. Namun, seorang bocah asal India ini justru hobi menjadikan rambutnya sendiri sebagai camilan. Dokter menemukan gumpalan rambut sepanjang 1,5 meter di dalam perutnya.

Awalnya, Sukanya nama gadis tersebut mengeluh sakit perut. Ia kemudian dibawa ke Asian Institute of Medical Sciences (AIMS) oleh orang tuanya. Namun, secara mengejutkan dokter mengatakan bahwa ada bola rambut yang bersemayam di dalam perutnya.

"CT Scan menunjukkan terdapat sebuah massa besar rambut di dalam tubuhnya," ujar Dr Parabal Roy, konsultan senior di Asian Institute of Medical Sciences, seperti dilansir ndtv. Dokter mengatakan bahwa bocah asal New Delhi tersebut telah memakan rambutnya sendiri hingga akhirnya membentuk gulungan yang mengisi seluruh perut dan ususnya.

Rambut tersebut juga telah memotong dinding usus hingga mengancam hidupnya. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut Rapunzel Sindrome. Kondisi di mana pasien memiliki kecenderungan untuk menarik rambut mereka dan menelannya.

Penyakit yang terbilang langka ini membuat penderita berkeinginan tinggi untuk memakan rambut (trichophagia), yang terkadang juga dihubungkan dengan gangguan menarik-narik rambut sendiri atau disebut trichotillomania.

Namun, karena rambut memiliki materi yang tidak dapat dipecah oleh sistem pencernaan manusia, jika dimakan terus menerus dapat menyumbat sistem pencernaan. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/419737-rapunzel--sindrom-aneh-ngemil-rambut-sendiri
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger