Tiga Artis Didapuk Jadi Duta Lingkungan Hidup

Chris Laurent, Nina Tamam, dan Elma Theana didapuk menjadi Duta Lingkungan Hidup 2013. (VIVAlife/Rizky Sekar Afrisia)

Chris Laurent, Nina Tamam, dan Elma Theana didapuk menjadi Duta Lingkungan Hidup 2013. (VIVAlife/Rizky Sekar Afrisia)

VIVAlife - Dua artis senior, Nina Tamam dan Elma Theana serta artis muda Chris Laurent didapuk jadi Duta Lingkungan Hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia untuk tahun 2013. Mereka mengaku bangga atas amanat yang baru saja diserahkan itu. Elma menuturkan, dirinya memang selama ini cukup aktif bergerak di lingkungan hidup dengan tergabung dalam komunitas bambu Indonesia.

"Sejak 2004 saya di komunitas itu. Kami melestarikan bambu agar lebih banyak ditanam. Jalan inilah yang akhirnya membawa saya ke lingkungan," ungkapnya saat ditemui di JCC, Senayan, Minggu, 2 Juni 2013.

Menurutnya, bambu merupakan pohon yang penuh filosofi dan bermanfaat. Selain menyimpan air, juga baik untuk mengurangi polusi udara. "Ada alasan spiritualnya juga. Makanya saya dan suami terjun ke situ," imbuhnya.

Sedangkan Nina, mengaku sudah mulai menerapkan kebiasaan yang ramah lingkungan dalam kesehariannya. Paling prinsip, ia memilah sampah kering dan sampah basah serta meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor yang menimbulkan karbondioksida. Sebisa mungkin, ia lebih memilih berjalan kaki daripada naik mobil pribadi. Atau, maksimal menggunakan kendaraan umum.

"Saya juga memilih makanan lokal dibanding impor," lanjutnya.

Setelah terpilih sebagai duta, Nina dan Elma berjanji akan semakin aktif menyosialisasikan soal lingkungan hidup pada masyarakat luas. Elma berinisiatif, mengajak ibu rumah tangga mulai memisahkan sampah kering dan sampah basah agar lebih mudah diolah.

"Bagaimana menciptakan itu dengan mengajak pemulung. Kerja sama juga dengan pembantu, supaya pemulung nggak lagi mengorek-orek sampah," ujar Elma menerangkan.

Nina yang sudah menerapkan pemilahan sampah itu di rumahnya, mengaku tidak terlalu kesulitan. Tinggal menyediakan dua tempat sampah, dan membedakan sampah kertas, plastik, botol, dengan sisa makanan. Menyosialisasikannya pun, kata Nina, tak perlu rumit.

"Lewat sosial media juga bisa. Tinggal duduk, pegang handphone," ia menambahkan.

Lebih simpel lagi, dengan memulai dari diri sendiri dan menjadi contoh bagi orang lain. "Saya termasuk yang galak soal sampah. Kalau ada yang buang sembarangan dari mobil, saya bisa turun dan gedor pintunya," ceritanya.

Sebagai generasi muda, Chris mengakui kesadaran lingkungan memang minim. Dengan terpilihnya ia sebagai duta, Chris mengaku akan belajar dan mengajak lebih banyak kawannya untuk mencintai lingkungan.

"Kita butuh support. Ayo sama-sama menyadarkan masyarakat," ujar Elma.


http://us.life.viva.co.id/news/read/417659-tiga-artis-didapuk-jadi-duta-lingkungan-hidup
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger