4 Langkah Cegah Menopause Dini

Lakukan yoga rutin sebagai latihan mengelola stres. (istockphoto)

Lakukan yoga rutin sebagai latihan mengelola stres. (istockphoto)

VIVAlife - Tak hanya berpengaruh pada kehidupan seksual, menopause juga membawa perubahan hormonal yang menyusutkan kecantikan kulit. Efek kedua ini yang mungkin lebih ditakuti banyak wanita. Produksi kolagen menurun sehingga kulit mengendur.

"Selama menopause, kadar hormon estrogen dan progesteron wanita menurun dengan cepat, menyebabkan percepatan proses penuaan kulit," kata ahli bedah estetika Dr Jonquille Chantrey seperti dikutip Daily Mail.

Biasanya fase menopause ini dialami wanita yang memasuki usia 50-an. Namun, tidak menutup kemungkinan menopause datang lebih awal. Yakni usia 30-an atau 40-an. Gejalanya: keringat berlebihan, insomnia, perubahan suasana hati, dan munculnya rasa panas (hot flashes) di bagian wajah dan leher.

Untuk mencegah menopause dini Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

Diet Sehat

Memasuki masa menopause, tubuh akan lebih mudah menimbun lemak. Untuk itu filter makanan perlu ditingkatkan. Mulailah membatasi asupan gula, tepung, makanan pedas, kafein, dan garam. Sebaliknya, perbanyak konsumsi serat gandum, sayuran hijau, dan makanan kaya omeg-3. Pastikan Anda juga mendapatkan pasokan kalsium untuk menghindari lemak jenuh.

Jauhkan Rokok

Selain memunculkan masalah kesehatan seperti jantung, osteoporosis, dan kanker, kandungan nikotin pada rokok juga bisa mematikan sel telur. Kondisi ini memicu menopause dini.

Hindari Alkohol

Mengonsumsi alkohol akan memangkas kalsium tubuh. Untuk itu, menghindari alkohol adalah cara terbaik mencegah menopause dini. Selain itu, alkohol juga mampu mengurangi gejala kecemasan dan insomnia. 

Kelola Stres

Dilansir Boldsky, stres menjadi salah satu pemicu menopause dini. Untuk menghindari hal tersebut, kelola stres dengan baik. Lakukan yoga, meditasi, atau latihan pernafasa, dan pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup.


http://us.life.viva.co.id/news/read/425193-4-langkah-cegah-menopause-dini
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger