4 Manfaat Konseling Hubungan Pribadi

Konselor bisa memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi konseli. (iStock)

Konselor bisa memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi konseli. (iStock)

VIVAlife - Bagi masyarakat Indonesia, konseling bukan sesuatu yang jamak dilakukan ketika seseorang menghadapi masalah, apalagi khususnya jika berkaitan dengan soal hubungan pribadi. Tak sedikit yang justru menyimpan sendiri permasalahan mereka ketimbang mengungkapkannya kepada orang lain.

Padahal, konseling memberikan sejumlah manfaat yang jarang disadari. Salah satunya, Anda tak perlu takut dihakimi soal masalah pribadi karena konselor justru bisa membantu mencari solusi terbaik. Selain manfaat tadi, berikut manfaat lain dari konseling seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Melampiaskan perasaan tersuram

Orang cenderung lebih mudah melampiaskan seluruh perasaannya kepada orang yang tidak dikenal. Berhubungan dengan konselor akan membantu konseli berkomunikasi secara bebas dan mengekspresikan perasaan tersuramnya, yang biasanya sulit diungkapkan pada orang-orang terdekat.
 
2. Menumbuhkan harapan positif

Konseling memberikan harapan positif kepada konseli untuk tetap melanjutkan hubungan. Hal ini efektif  terutama untuk pasangan yang tengah berada di ambang perpisahan. Berbicara dengan konselor akan membantu konseli menyadari perbedaan mereka, sehingga masalah yang ada dapat diselesaikan.

3. Membantu membuat keputusan tepat

Konselor tidak memiliki kepentingan tertentu dalam pengambilan keputusan konseli. Itu sebabnya, keputusan yang diambil oleh konseli biasanya akan lebih tepat dan berbobot.

4. Membantu mengatasi hubungan yang gagal

Tujuan konselor tidak hanya untuk memberikan alasan mengapa hubungan seseorang bisa gagal. Mereka juga bertujuan untuk memperkuat hubungan. Konseler akan membantu konseli memahami cara-cara terbaik mengatasi masalah mereka dan pasangannya. (kd)


http://us.life.viva.co.id/news/read/428587-4-manfaat-konseling-hubungan-pribadi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger