Agar Tetap Sehat Kala Berpuasa

Banyak anggapan, berpuasa-- menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari bisa membahayakan kesehatan.  

Banyak anggapan, berpuasa-- menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari bisa membahayakan kesehatan.  

VIVAlife - Tak lama lagi bulan Ramadan tiba. Umat muslim di seluruh dunia, telah menyiapkan diri melakukan ibadan puasa.

Banyak anggapan, berpuasa-- menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari bisa membahayakan kesehatan. Namun, ada banyak tips agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Salah satu tips, diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Ghufron Mukti.

Ia pun punya trik sendiri, menjaga kesehatannya selama bulan puasa. Apa saja tipsnya?

Ali Ghufron Mukti menjelaskan, tips yang pertama adalah, jangan melupakan sahur. Menurutnya, mengkonsumsi makanan saat sahur sangat penting, sebagai bekal energi hingga waktu berbuka.

"Jangan sahur pada pukul sembilan malam. Usahakan di akhir menjelang imsak," katanya di Yogyakarta, Sabtu 6 Juli 2013.

Yang kedua, menurut mantan Dekan Fakultas Kedoteran Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, konsumsi buah-buahan saat sahur dan minum secukupnya juga bisa meningkatkan energi.

"Nah yang ketiga ini sangat penting adalah niat. Jangan sampai puasa karena malu dengan tetangga jika tidak puasa. Dengan niat maka seseorang yang puasa dapat mengontrol asam lambungnya,"paparnya.

Dan tips yang keempat, istirahat atau tidur yang cukup. "Memang ibadah itu dianjurkan namun demikian istirahat juga sangat penting bagi kesehatan tubuh," tandasnya.

Sementara bagi orang yang sakit berat diperbolehkan untuk tidak puasa namun kalau untuk sakit ringan tetap dianjurkan puasa.

"Seperti sakit maag itu tetap harus berpuasa dan untuk mengatasi sakit maag saat berpuasa ada tipsnya sendiri," pungkasnya. (adi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/426694-agar-tetap-sehat-kala-berpuasa
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger