Alasan Anak Belum Dianjurkan Puasa Sehari Penuh

Bagi anak yang belum akil baligh atau berusia di bawah 12 tahun tidak dianjurkan untuk berpuasa penuh, cukup setengah hari.  

Bagi anak yang belum akil baligh atau berusia di bawah 12 tahun tidak dianjurkan untuk berpuasa penuh, cukup setengah hari.  

VIVAlife - Umat Islam dalam waktu dekat akan menunaikan ibadah puasa. Bagi yang mampu, khususnya orang dewasa dan tidak sakit, diwajibkan untuk menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Sementara, bagi anak yang belum akil baligh atau berusia dibawah 12 tahun tidak dianjurkan untuk berpuasa penuh, cukup setengah hari.

Pada dasarnya, anak masih membutuhkan energi untuk proses tumbuh kembang. Jika dilihat dari kacamata medis, alasan anak tidak dianjurkan berpuasa penuh karena tubuhnya masih belum mampu menyimpan energi, berbeda dengan orang dewasa.

Seperti dijelaskan oleh Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp.GK, glukosa atau kadar gula darah adalah sumber energi bagi tubuh yang diperoleh dari mengonsumsi makanan dan disimpan dalam bentuk glikogen--cadangan energi-- dalam hati dan otot. Ketika kecukupan glukosa tak terpenuhi, maka glikogen akan cepat habis.

"Glikogen pada jaringan otot dan hati sangat berperan dalam penyimpanan energi. Akan tetapi, pada anak saat puasa, glikogen hati belum dapat bekerja optimal untuk menyimpan energi seperti orang dewasa," kata dr. Tirta.

Kalau puasa segera dilakukan seharian penuh, kemungkinan tubuh anak akan merasa kaget. Meskipun, cadangan energi dalam tubuh mampu bertahan hingga 16 jam. "Sebenarnya ketika berpuasa, asupan makanan berkurang, maka tubuh dengan sendirinya akan mencari sumber energi dari lemak."

Ketika hal tersebut terjadi, maka tubuh dapat mudah lemas.  Oleh karena itu saat belajar berpuasa selama setengah hari, Tirta menganjurkan agar anak mendapatkan asupan yang manis ketika berbuka puasa. Ini untuk membantu meningkatkan kembali kadar gula dalam tubuh.


http://us.life.viva.co.id/news/read/427824-alasan-anak-belum-dianjurkan-puasa-sehari-penuh
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger