Berat Badan Bisa Naik Saat Berpuasa?

Puasa tak menjamin berat badan menurun.  

Puasa tak menjamin berat badan menurun.  

VIVAlife - Umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Sebenarnya banyak manfaat yang diperoleh selama berpuasa terutama bagi kesehatan. Salah satunya membantu proses pembuangan racun dalam tubuh.

Tak sedikit pula yang mengharapkan dengan berpuasa berat badan akan menurun.  Namun, hasilnya tak selalu demikian. Sebaliknya, berat badan malah bertambah. Menurut Rita Ramayulis, seorang ahli gizi, ketika berpuasa memang potensi kenaikan berat badan cukup tinggi.

"Ini karena saat tubuh tak mendapatkan asupan makanan selama sekitar 13 jam, tubuh dengan sendirinya akan mengalami penurunan basal metabolisme. Artinya proses metabolisme melambat," ujar Rita saat dihubungi VIVAlife.

Dengan kondisi metabolisme melambat, pembakaran kalori pun menurun. Aktivitas olahraga yang biasa dilakukan pun cenderung dikurangi. Belum lagi menu berbuka puasa seringkali mengandung kalori dan gula tinggi. Seperti kolak atau sajian minuman yang sangat manis.

"Kondisi ini (kegemukan) saat berpuasa berisiko pada semua golongan umur, terutama pada orang dewasa yang berusia 35 tahun," ungkap Rita.

Agar berat badan tak melonjak ketika berpuasa, Anda disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi. Seperti, gorengan dan makanan manis. Jika ingin sesuatu yang manis, lebih baik konsumsi buah segar. Lakukan juga siasat berikut saat sahur dan berbuka demi menjaga berat badan tetap stabil.

- Sahur
Makan dari sumber protein yang lambat serap, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Misalnya dengan menyantap putih telur, tempe, serta buah dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, dan melon. Bukan hanya itu, usahakan setelah sahur, tidak langsung tidur, karena dapat memperlambat kembali metabolisme Anda. Disarankan untuk sahur menjelang Imsak.

- Buka puasa

Pastikan tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Berbukalah dengan air hangat atau air putih biasa. Lalu, dapatkan sumber manis dari buah-buahan segar untuk mendapat asupan energi secara cepat. Untuk menu berbuka, pastikan selalu ada sayuran kaya serat. Itu karena, saat puasa tubuh cenderung mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar. Asupan serat ini akan membantu melancarkannya.


http://us.life.viva.co.id/news/read/427175-berat-badan-bisa-naik-saat-berpuasa-
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger