Berburu Kuliner Seru Ramadan

Berburu Makanan Takjil di Kawasan Senen (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Berburu Makanan Takjil di Kawasan Senen (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAlife - Mencari tempat asyik untuk menikmati aneka kuliner buka dan sahur? Coba melancong ke Senen, Tebet, atau kawasan Bendungan Hilir (Benhil). Beragam santapan 'murmer' alias murah meriah tersedia di sana.

Apalagi saat Ramadan, bulan yang dirindukan umat muslim di seluruh dunia. Selain bulan memperkuat ibadah, banyak dapur rumah tangga juga sibuk oleh persiapan ritual sahur dan berbuka. Aneka sajian pun muncul saat sahur, dari praktis sampai yang rumit. Menjelang berbuka, suasana dapur bisa lebih ramai.

Momen Ramadan juga menjadi berkah bagi pedagang makanan. Aneka sajian buka puasa, dan persiapan sahur, merebak di sekujur kota. Lapak-lapak khusus menjual kolak, aneka kue, sampai lauk berat seperti rendang, tongseng,  acar, udang bakar dan lain-lain muncul dalam rupa menggoda. Bahkan, separuh jalan tertentu ditutup karena munculnya "pasar kaget" kuliner itu.

VIVAlife mencoba menyusuri sejumlah tempat makanan yang banyak dikunjungi ketika sahur dan berbuka di Jakarta. Mulai dari kaki lima, hingga restoran. Dari sekian banyak, berikut ini adalah lima kuliner terbilang populer.

KL Village

KL Village

Pernah melintas di sekitar Jalan Jaksa, Jakarta? Ini daerah yang kondang sebagai tempat wisata malam para ekspatriat.  Di kiri kanan jalan ini padat oleh resto atau kelab malam. Tapi, tak banyak yang menduga, di tengah daerah itu, ada kedai Melayu.  Tak hanya para ekspatriat, di sana juga berkumpul para tamu lokal.

Pemilik resto yang lama tinggal di negeri tetangga Malaysia ini, mengusung menu khas Malaysia, plus dengan keragaman kulturalnya. Selain masakan Melayu yang sedap, ada juga hidangan China dan India. Cobalah sensasi nasi kandar Penang, nasi yang dimasak dengan rempah plus taburan kismis, mirip nasi bariyani.  Ada juga nasi rames plus aneka lauk dan sayur khas Melayu, serta nasi lemak.

Resto ini buka dari pukul delapan pagi hingga jelang subuh. Artinya, ia tak hanya nikmat untuk tempat berbuka, tapi juga pas untuk dikunjungi saat sahur. Jika Anda ingin merasakan kelezatan hidangan KL Village di rumah bersama keluarga, resto ini menyediakan layanan pesan antar dengan jarak wilayah tertentu. Syaratnya,  harga pesanan minimum sebesar Rp50.000.

Lokasi: KL Village Kopi tiam, Jl. Jaksa 21-23, Kb. Sirih, Jakarta Pusat, Telp: (021) 31925219

Nasi Kapau Senen

Berburu Makanan Takjil di Kawasan Senen

Tak ada yang ragu dengan kelezatan masakan Minang.  Hidangan dengan olahan santan kaya rempah itu digemari selaga lapisan usia. Di Jakarta, bahkan ada satu pojok lapak kuliner yang isinya hanya masakan Minang. Itulah dia jajaran penjual nasi Kapau,
di sepanjang Jalan Kramat Raya, tepatnya diseberang Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kapau sebetulnya adalah nama tempat di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat, yang punya olahan khas masakan Minang.  Di lapak nasi kapau, para penjual menyusun hidangannya dalam banyak baskom besar, berisi aneka lauk. Ada gulai cubadak berkuah santan kuning, dan rajangan nangka, sangat membangkitkan selera. Ada gulai tunjang,  dan otak, atau paru goreng, rendang, aroma sereh dan adun jeruk segar dari gulai kepala ikan kakap, serta itik lado mudo yang terbalur oleh sambal cabe hijau. Nasinya ditanak dari beras asal Solok, yang harum meski agak pera.

Uniknya, semua penjaja makanan ini bermodalkan terpal, meja makan dan bangku kayu. Warung-warung tenda itu berjejer di atas trotoar jalan raya. Setiap warung tampaknya punya pelanggannya masing-masing.

Selain nasi Kapau, trotoar ini juga dipenuhi beragam cemilan khas Padang. Mulai dari lemang dan ketan hitam, lupis, bubur kampiun, hingga daka-daka, yaitu singkong yang dipotong kotak-kotak dan digoreng kering. Rasanya tak jauh berbeda dengan keripik singkong.

Tertarik untuk mencobanya? Pastikan Anda berkunjung menjelang waktu berbuka puasa, jika ingin bersantap di tempat. Atau Anda bakal ditegur pihak keamanan setempat, karena makan sebelum waktu berbuka.

Lokasi: Jalan Kramat Raya, seberang Pasar Senen

Kawasan Tebet

Bubur ayam sukabumi

Selain Jalan Jaksa, kawasan Tebet juga dikenal sebagai sudut Jakarta yang tak pernah mati. Terkenal dengan toko-toko distro, ternyata Tebet memiliki tempat makan yang beroperasi 24 jam non stop.

Salah satunya adalah Warteg Warmo. Warung Tegal yang terletak di sudut jalan Tebet Raya, dekat lampu merah ini, tak pernah henti didatangi pengunjung. Padahal jika dilihat dari bentuk ruangnya, warteg ini terbilang sempit, dan tak ada halaman parkir di depannya.

Tapi ini warteg legendaris, yang berdiri sejak tahun 1961. Menu andalan di kedai ini adalah semur jengkol, balado kentang yang merah menggoda, rendang dan goreng paru. Namun di saat bulan puasa, menu paling laris adalah tumisan dan sayuran berkuah.

Saat ini, warteg Warmo telah memasuki generasi ketiga. Tapi, resep masakan di kedai itu tampaknya rapi diwariskan, sehingga rasanya tak berubah dari zaman ke zaman. Harganya pas di kantong, sehingga membuat tempat ini kian digandrungi.

Selama bulan puasa, rumah makan penyedia masakan khas pantai utara Jawa ini juga menyediakan jasa antar. Minimal pemesanan 7 bungkus nasi, dan jarak jangkauannya hanya sampai Pancoran.

Ada lagi Bubur Ayam Sukabumi. Rumah makan ini juga beroperasi selama 24 jam, tapi hanya selama hari biasa. Di bulan Ramadan, tempat makan ini buka mulai pukul 5 sore hingga 5 subuh.

Bubur ayam ini punya ciri khas yang berbeda dengan bubur gerobak lainnya. Ia disajikan tanpa kuah kuning atau opor.  Ciri khas bubur Sukabumi adalah telur ayam kampung mentah, yang dicampur ke dalam bubur yang panas.

Bubur Ayam Sukabumi, yang berlokasi di Tebet Barat ini juga menyediakan menu lainnya, yaitu masakan China. Menurut Rudi, salah satu pelayan rumah makan ini, selain bubur, menu yang banyak dipesan adalah nasi goreng gila dan paket nasi timbel, yang terdiri dari ikan asin, ayam goreng dan tahu.

Untuk memudahkan pelanggan menikmati makanannya di rumah, tempat ini juga memberikan sistem layanan antar.

Lokasi: Warteg Warmo, Jl Tebet Raya No 1. Telp: (021) 8355444

Lokasi: Bubur Ayam Sukabumi, Jl Tebet Barat IV No 20 . Telp: (021) 83706178.

Holycow Steakhouse by Chef Afit

Steak

Selama Ramadan, restoran di Jalan Bakti No 15, Senopati, Jakarta Selatan, ini sengaja buka sampai waktu sahur berakhir. Tak ada perubahan menu, warung milik Lucy Wiryono dan Afit Dwi Purwanto ini tetap menyajikan steak wagyu sebagai andalan.

Varian steak yang bisa jadi pilihan menu sahur di antaranya: Sirloin Wagyu, Rib Eye Wagyu, Boneless Ribs Wagyu, Burger Wagyu Steak, Prime Sirloin, Prime Tenderloin. Prime Rib Eye. Tersaji dengan side dish french fries, mashed potato, atau nasi putih. Kalau Anda penasaran dengan rasanya, cobalah merapat ke resto ini.  Sepekan pertama di bulan Ramadan, resto ini belum terlalu ramai pengunjung.

Dengan kisaran harga Rp79.000 hingga Rp 275.000, tempat makan ini menawarkan beragam sajian steak daging sapi dengan empat pilihan saus: mushroom, buddy's special sauce, blackpepper, dan barbeque.

Selama bulan puasa, resto steak ini buka mulai dari jam 11.00 sampai jam 14.00. Kemudian buka kembali pukul 17.00 hingga imsak. Namun, saat hari Minggu buka selama 24 jam.

Lokasi: Holycow Steakhouse, di Jalan Bakti No 15, Senopati, Jakarta Selatan
Telp: 021 5270673

Pasar Benhil

Berburu Makanan Takjil di Kawasan Senen

Setiap Ramadan, Pasar Benhil atau Bendungan Hilir, Jakarta Pusat,  akan berubah menjadi lorong-long penjual makanan yang meluber hingga makan seperauh bidang jalan di depan pasar itu. Lebih dari seratus pedagang berlomba menyuiguhkan pembeli aneka jajanan pasar buat berbuka. Juga aneka masakan nusantara. 

Para penggemar jajanan pasar bisa memuaskan hasratnya di sini, ada lupis, tape ketan hitam, aneka gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, kroket, pastel, lemper, tempe mendoan, serta kue basah. Ada pula lauk pauk yang dijual dengan nasi. Juga minuman segar seperti sop buah yang menggoda di kala dahaga.

Menu para pedagang bermacam-macam. Dari pukul tiga sore para penjual berjejal di bawah tenda biru. Makanan buat berbuka seperti kolak, pacar cina, bubur sumsum, es buah,  dan es blewah bisa ditemukan di setiap sudut.  Harganya rata-rata Rp.10 ribu.

Yang khas di sini adalah kue tradisional asal Minang yaitu lemang, onde-onde, ongol-ongol, kue pisang, lemper, dan ketupat ketan. Salah seorang pedagang lemang, Yaris, mengatakan kue yang disuguhkannya adalah makanan langka. "Lemang dijual hanya pada saat bulan puasa saja," ujarnya.

Di pasar kaget ini, Anda juga dapat membeli aneka lauk pauk.  Sederet lauk matang dari rumah makan Padang tersedia. Ada gulai tunjang, sampai yang paling mahal gulai kepala ikan kakap. Harga lauk pauk berkisar mulai dari Rp.12-25ribu.

Lokasi: Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat


http://us.life.viva.co.id/news/read/428394-berburu-kuliner-seru-ramadan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger