Diciptakan, Wine dari Buah Durian

Para peneliti dari University of Singapore berhasil menciptakan wine dari buah durian. (REUTERS/Edgar Su)

Para peneliti dari University of Singapore berhasil menciptakan wine dari buah durian. (REUTERS/Edgar Su)

VIVAlife - Durian. Siapa tak kenal dengan buah yang satu ini? Meski baunya tajam dan kurang sedap bagi beberapa orang, buah yang dijuluki raja dari segala buah tersebut toh memiliki banyak peminat.

Di Indonesia, durian pun banyak diolah menjadi berbagai panganan. Mulai dari dodol, es krim, hingga pancake durian. Jika di Indonesia, durian hanya diolah menjadi makanan lezat maka lain halnya di Singapura.

Baru-baru ini, sejumlah peneliti di sana berhasil mengubah durian menjadi minuman wine. Ya, jika umumnya wine terbuat dari anggur maka wine yang dibuat oleh para peneliti di University of Singapore justru berasal dari durian.

"Awalnya Anda harus melakukan beberapa tweaking untuk mengubah daging buah menjadi cair, yang berarti Anda perlu menambah sejumlah air. Lalu setelah itu fermentasi," ujar Asisten Profesor Program Ilmu Pangan dan Teknologi di University of Singapore, Liu Shao Quan seperti dilansir kantor berita Reuters.

Hasilnya adalah wine jernih dengan kadar alkohol sebesar enam persen. Menurut peneliti dari Program Ilmu pangan dan Teknologi University of Singapore, Fransisca Taniasuri, wine akan menjadi produk yang menarik untuk dicoba bagi para pecinta durian. Sementara bagi yang tidak menyukai durian, mereka akan berani mencicipi wine durian karena baunya yang berkurang setelah fermentasi. (adi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/430954-diciptakan--wine-dari-buah-durian
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger