Ibu Hamil Boleh Konsumsi Salmon Mentah?

Ibu hamil  

VIVAlife - Dalam keadaan hamil, tak sedikit makanan dan minuman yang harus dipantang. Beberapa di antaranya adalah kopi, teh herbal, keju lembut, dan daging mentah. Oleh karena itu, ketika berbadan dua, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang kaya akan omega 3. Artinya kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk ibu hamil, 75 persennya bermanfaat untuk membangun sistem saraf janin di dalam kandungan. Sisanya, sebanyak 25 persen akan memberikan kesempatan membangun kecerdasan anak sampai usia dua tahun.

Akan tetapi, bagaimana kalau dikonsumsi dalam keadaan mentah?

Ahli Gizi, Rita Ramayulis DCN, M.Kes saat ditemui di kawasan Senayan, Sabtu 6 Juli 2013, menuturkan seorang ibu hamil boleh saja mengkonsumsi ikan salmon mentah. Namun dia tidak menganjurkannya.

Alasannya, pencemaran bakteri dan larva cacing yang ada di ikan salmon ditakutkan akan masuk ke plasenta janin. Karena itu, ibu hamil harus mengetahui dari mana sumber ikan salmon yang akan disantapnya.

"Yang harus digarisbawahi dan terpenting adalah dari mana ikan tersebut berasal. Misalnya, ikan harus dibeli di toko terpercaya, tempat khusus, bukan di pasar," ujar Rita dalam acara talkshow 'Fakta Gizi dan Manfaat Ikan Salmon'.

Disamping itu, ikan salmon pada dasarnya rendah merkuri. Ini karena salmon hidup dengan memakan ganggang dan plankton. Namun kalau tak ingin menyantap ikan ini dalam keadaan mentah, Anda dapat menikmatinya dengan cara lain. Misalnya di rebus atau dimasak.

"Akan tetapi jika direbus dibawah suhu 100 derajat celsius selama 15 menit, kadar omega3 akan berkurang sebanyak 14,8 persen. Sama halnya ketika dimatangkan dengan digoreng, justru akan meningkatkan asam lemak tak jenuh sebanyak 31,8 persen," jelasnya. (adi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/426706-ibu-hamil-boleh-konsumsi-salmon-mentah-
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger