Ketahui Lima Hal yang Dapat Merusak Mata

Menjaga kesehatan mata  

Menjaga kesehatan mata  

VIVAlife - Sebagai indera penglihatan, mata termasuk dalam kategori organ vital manusia. Demi menjaga kesehatannya, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Dapat diperoleh dari sumber nabati maupun hewani.

Namun, untuk mencegah kerusakan mata, menjaga kesehatan dari dalam saja tidak cukup. Diperlukan menjaga kesehatannya dari luar tubuh. Bagi Anda yang bekerja di balik meja, paparan atau radiasi dari komputer dapat membuat pandangan mata terasa kabur, kepala pusing, dan lainnya.

Kondisi tersebut terjadi karena mata mengalami ketegangan atau tekanan. Bukan hanya paparan cahaya komputer saja. Menonton televisi, bermain game, bahkan membaca terlalu lama juga dapat menyebabkan otot disekitar mata rusak.

Tak hanya itu, tanpa disadari ada beberapa hal lain yang ternyata dapat memicu kerusakan mata, seperti dikutip dalam laman Boldsky:

Merokok

Bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan. Merokok juga dapat merusak pandangan mata. Ini karena adanya kandungan kimia yang melimpah pada rokok. Alhasil dapat merusak bagian sensitif mata, yaitu makula atau retina. Bagian ini akan mengalami penurunan fungsi, hingga akhirnya akan mengalami kabur pada penglihatan.

Sinar UV

Bukan tanpa alasan kacamata digunakan ketika Anda berapa di pantai. Fungsinya tak sebagai aksesoris penunjang penampilan, pun dimanfaatkan untuk mencegah paparan sinar ultraviolet ke mata. Ini karena, sinar UV dari matahari dapat membakar kornea dan meningkatkan kerusakan lensa mata dan retina. Buruknya lagi, dapat meningkatkan risiko katarak.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan bukan hanya berdampak buruk bagi tubuh, juga berbahaya bagi mata. Hal ini nantinya dapat mengganggu penglihatan, seperti pandangan kabur, sering migrain, mata merah, dan terjadi penurunan sensitivitas kontras.

Diet

Menurunkan berat badan, boleh-boleh saja asalkan disertai dengan asupan gizi yang tepat. Namun, yang jamak terjadi, diet tak sehat yang dapat membahayakan mata. Kemudian akan muncul penyakit mata, seperti defisiensi vitamin A yang berujung pada rabun senja, mata lebih cepat kering, dan kebutaan.

Penyakit

Ada beberapa penyakit yang berdampak pada penglihatan: diabetes dan hipertensi. Kedua penyakit ini sangat berpengaruh buruk pada mata ketika tak segera ditangani. Pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi misalnya, pembuluh darah di area retina dapat rusak. Mata menjadi tak fokus. Penyakit yang umum menyerang adalah retinopati hipertensi.

Begitu pula dengan diabetes yang lebih mungkin mengembangkan penyakit mata, seperti glaukoma, dan retinopati diabetes. Kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan kabur bahkan berpotensi mengalami kebutaan. (sj)


http://us.life.viva.co.id/news/read/430802-ketahui-lima-hal-yang-dapat-merusak-mata
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger