Kurang Tidur Bikin Sifat Egois Meningkat

Pasangan bertengkar. (istockphoto)

Pasangan bertengkar. (istockphoto)

VIVAlife - Jangan heran kalau setelah lembur, rasanya semua orang di sekeliling melakukan kesalahan. Kesal, sensitif, dan sifat egois pun meningkat. Kurang tidur memang membuat Anda lebih egois dari biasanya.

Kondisi ini akan dengan mudah memicu pertengkaran hebat dengan pasangan. Menurut tim psikolog dari University of California, kurang tidur akan membuat seseorang jadi lebih memprioritaskan kebutuhannya secara ekstrem.

"Saat melakukan studi terhadap para partisipan selama dua pekan, kami menemukan kalau seseorang merasa lebih lega saat pasangannya tidur cukup," kata Amie Gordon, kepala peneliti, dikutip dari YouBeauty.

Kurang tidur ternyata membuat seseorang jadi kurang menghargai orang lain dan level empati menurun drastis. Jadi, ketika pasangan menyapa hangat, balasan bisa jadi berupa kata-kata ketus. Atau ketika pasangan merasa kelelahan, Anda malah melontarkan keluhan.

"Mengetahui kondisi tubuh ketika kelelahan dan kurang tidur bisa membantu Anda berhenti berpikir buruk soal kondisi hubungan. Pertengkaran yang terjadi sebenarnya bisa dihindari dengan cukup istirahat," ujar Gordon.

Demi menghindari ini, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Biasakan mengucapkan "terima kasih sayang" setiap pagi. Saat merasa sangat kelelahan, kata-kata tersebut memang tak keluar secara otomatis.

Cobalah lakukan permainan. Sebelum keluar rumah, Anda harus mengucapkan "terima kasih" pada pasangan. Bisa terima kasih karena telah membangunkan, karena mencuci piring, membuat minuman, atau mungkin karena senyuman manisnya.

Ini akan membuat emosi lebih tenang dan Anda tak keluar rumah dalam keadaan marah. Jangan lupa, pastikan keesokannya Anda cukup tidur. (art)


http://us.life.viva.co.id/news/read/427522-kurang-tidur-bikin-sifat-egois-meningkat
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger