Menelusuri Delapan Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Wapauwe di Maluku berusia tujuh abad. (kiosbukugema.wordpress.com)

Masjid Wapauwe di Maluku berusia tujuh abad. (kiosbukugema.wordpress.com)

VIVAlife - Agama Islam sudah masuk ke Tanah Air sejak ratusan tahun lalu. Jejak yang masih bisa dilihat hingga kini, salah satunya adalah Masjid. Ya, teori mengenai masuknya Islam ke Indonesia memang sangat banyak.

Yang pasti, beberapa masjid tua yang masih bisa ditemukan ini, membuktikan bahwa Islam sudah masuk ke Indonesia sejak berdirinya masjid tersebut. Berikut delapan masjid tertua di Indonesia, yang sudah VIVAlife rangkum:

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 1288, seperti yang tertulis pada Saka Guru atau tiang utama masjid.

Meski demikian, tahun pembuatannya lebih jelas, jika dilihat dari kitab-kitab yang ditinggalkan oleh pendiri masjid, yaitu Kyai Mustolih. Sayangnya, kitab-kitab tersebut sudah hilang bertahun-tahun yang lalu. Masjid ini, dinamakan Saka Tunggal karena tiang penyangga masjid tersebut hanya satu tiang.

2. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua dan bersejarah di Maluku. Umurnya pun sudah mencapai tujuh abad. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi, dan sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh.

Masjid yang berada di Kampung Tehala, Maluku ini tadinya berada di Tanah Hitu. Namun dipindahkan, karena mengalami gangguan dari Belanda pada tahun 1580, saat Indonesia mengalami penjajahan.

3. Masjid Ampel

Masjid Ampel berada di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid seluas 120 x 180 meter ini didirikan di tahun 1421 oleh Sunan Ampel. Karena itu, saat ini di dekat masjid dibuat kompleks pemakaman Sunan Ampel. Kini, masjid tersebut menjadi salah satu objek wisata religi di kota Surabaya.

4. Masjid Agung Demak

Masjid ini dibangun pada abad ke-15 Masehi, oleh Raden Patah yang saat itu menjadi raja pertama dari Kesultanan Demak. Masjid ini dipercaya pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama atau wali agama Islam di Tanah Jawa yang disebut dengan Walisongo.

Walisongo dan Raden Patah mendirikan masjid yang karismatik ini dengan memberi gambar serupa bulus. Gambar bulus ini terdiri dari kepala yang berarti satu, empat kaki yang berarti empat, badan bulus yang berarti nol, dan ekor bulus yang berarti satu. Dari simbol itu, diperkirakan bahwa Masjid Agung Demak berdiri tahun 1401.

5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid ini terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Dibangun pada tahun 1480 M, pembangunan masjid tersebut kabarnya melibatkan 500 orang yang didatangkan dari Majapahit, Demak, dan Cirebon.

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid bersejarah ini berada di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah yang merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk Islam, yaitu sekitar tahun 1526 - 1550. Masjid yang didirikan di tepi sungai Kuin ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang. Pada bagian mihrab masjid, terdapat atap yang terpisah dengan bangunan induk.

7. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah, menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini memiliki menara yang serupa candi, karena merupakan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.

8. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten dibangun sekitar tahun 1552 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, yang merupakan sultan pertama dari Kesultanan Banten. Terletak di Desa Banten Lama, masjid yang juga memiliki banyak nilai sejarah ini, setiap harinya selalu ramai dikunjungi para peziarah. Masjid ini dikenal dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk bangunan mercusuar.

***

Nikmati akhir pekan bersama keluarga atau pasangan di tempat ekslusif. Cari info hotel berbintang dan tiket pesawat harga terjangkau http://viva.co.id/travel


http://us.life.viva.co.id/news/read/428337-menelusuri-delapan-masjid-tertua-di-indonesia
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger