Saat Puasa Jangan Sampai Kekurangan Zat Besi

Tofu  

VIVAlife - Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan organ tubuh agar fungsinya berjalan optimal. Zat besi ini sangat penting bagi pembentukan protein, seperti hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin adalah protein yang terdapat di sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ.

Sementara, myoglobin menyuplai oksigen ke seluruh otot. Saat puasa, tubuh seringkali merasa lemas. Pemicunya bisa jadi karena menu sahur dan berbuka Anda kurang mengandung zat besi.

Tak perlu langsung mencari suplemen. Anda bisa mengkonsumsi tiga asupan ini berbarengan dengan buah atau sayur kaya vitamin C untuk membantu penyerapannya.

1. Cokelat hitam atau bubuk cokelat

Kabar gembira bagi penyuka cokelat hitam atau bubuk cokelat. Anda bisa mencari cokelat dan dijadikan cemilan. Atau, mencari minuman yang terbuat dari bubuk cokelat untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Faktanya, seperti dikutip dari Shine, kandungan zat besi pada cokelat hitam atau dark chocolate lebih tinggi dari daging. Akan makin super jika Anda mengkonsumsi cake cokelat leleh yang di dalamnya terdapat krim jeruk.

2. Buah kering
Tak heran kalau saat puasa kita dianjurkan mengkonsumsi buah kurma yang telah dikeringkan. Ternyata buah-buahan kering merupakan sumber zat besi. Tapi hati-hati biasanya buah kering mengandung gula tinggi. Cari kismis atau kurma kering yang tak mengandung gula tambahan.

3. Tofu
Teksturnya sangat lembut, tapi siapa sangka kalau kandungan zat besinya begitu tinggi. Bisa diolah dengan cara dikukus atau dengan kuah siram. Cocok sebagai menu buka puasa dan sahur sebagai sumber zat besi nabati bagi tubuh. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/426795-saat-puasa-jangan-sampai-kekurangan-zat-besi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger