Sejuta Manfaat Kesehatan dari Menyanyi

Bernyanyi mempengaruhi emosional seseorang.  

Bernyanyi mempengaruhi emosional seseorang.  

VIVAlife - Melantunkan lagu atau bernyanyi, tanpa disadari bukan hanya sekadar menikmati nada dan lirik dalam sebuah lagu. Tapi lebih dari itu, bernyanyi ternyata juga bermanfaat dalam kehidupan.

Dalam Genius Beauty, para ahli mengatakan, menyanyi adalah 'obat' antidepresan layaknya ketika seseorang sedang berlatih yoga, bahkan seperti dalam sesi psikoterapi. Dalam beberapa tahun terakhir, diketahui tak sedikit orang dewasa yang serius untuk menekuni seni olah vokal.

Tujuannya bukan untuk mengikuti kontes menyanyi atau memperindah suara. Melainkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan cara mudah dan sederhana. Untuk itu, ketahui beberapa manfaat bernyanyi berikut ini:

Secara Fisik

1. Menyanyi dapat meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, terutama ketika Anda mengambil napas dalam. Dengan demikian, akan banyak oksigen yang akan sampai ke otak.

2. Tak hanya itu, bermanfaat pula bagi sistem jantung. Pelajaran olah vokal dapat meringankan batuk sederhana, asma dan bronkitis kronis.

3. Ritme ketika bernyanyi sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang bermasalah saat berkomunikasi, atau gagap. Dapat dikatakan ini adalah salah satu cara terapi wicara yang dapat mengatasi berbagai keluhan seperti kekakuan leher, meningkatkan kerja aktif bibir dan lidah, sekaligus mengontrol aliran udara.

4. Menyanyi juga memperbaiki postur tubuh. Bernyanyi meningkatkan tonus otot dari tulang rusuk dan punggung dan perut bagian bawah. Ini karena otot-otot dibagian perut bawah terlibat untuk mengendalikan aliran udara dan menstabilkan laring saat bernyanyi.

5. Otot-otot di wajah pun tertarik. Ini karena ketika bernyanyi, ekspresi wajah akan terlihat, otot di sekitar wajah, seperti di bagian tenggorokan, leher, dan rahang akan membuat penampilan lebih muda.

Secara Mental

1. Belajar menyanyikan lagu-lagu dari awal hingga akhir dapat meningkatkan keterampilan membaca dan keterampilan motorik Anda. Dengan demikian dapat mengembangkan koordinasi antara otak dan tubuh.

2. Bernyanyi bukan hanya dapat dilakukan solo atau sendiri namun juga berkelompok. Mereka yang menyanyi secara berkelompok atau grup dapat memberikan motivasi satu sama lain. Terutama ketika Anda sedang berada dalam masalah.

3. Proses bernyanyi dapat membantu seseorang untuk disiplin. Terutama ketika Anda tergabung dalam sebuah kelompok paduan suara.

4. Bernyanyi membantu Anda untuk lebih fokus.

5. Menyanyi juga membantu Anda untuk mengembangkan imajinasi, melihat pengalaman hidup yang dapat dijadikan proses pembelajaran. Ini karena ketika bernyanyi Anda akan terpusat pada lirik yang dilantunkan.

Secara Emosional

1. Bernyanyi dapat membuka hati untuk melepaskan perasaan yang sebelumnya 'terkunci'. Dengan kata lain, bernyanyi sebagai upaya untuk meluapkan emosi atau perasaan.

2. Bernyanyi terkadang memicu emosi, seperti menangis. Namun tak lantas membuat seseorang depresi. Melainkan dapat memacu gairah hidup dan dapat membuat seseorang bahagia.  Ini karena saat bernyanyi, ada hormon yang akan dilepaskan, seperti endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih baik, secara spiritual.

3. Bernyanyi adalah bentuk meditasi atau salah satu aktivitas spiritual. Efek bernyanyi dapat merangsang naluri untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain yang menyatu dalam sebuah lantunan lirik dalam lagu. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/431400-sejuta-manfaat-kesehatan-dari-menyanyi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger