Siasat Masak saat Harga Bahan Pokok Naik Drastis

Memasak. (iStockphoto)

VIVAlife - Menjelang bulan Ramadan dan lebaran, biasanya diikuti dengan kebutuhan pokok dengan harga yang melonjak tinggi. Alhasil, demi tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda harus menyiasati kebutuhan bahan pokok terutama makanan.

Hemat boleh saja, tapi jangan sampai mengesampingkan gizi dan membatasi kreasi  dalam menyajikan menu sehat dan lezat selama Ramadan. Chef Billy Kalangi, berbagi tips untuk menyiasati lonjakan harga menjelang Ramadan.

Anda tentu tahu, kalau makanan Indonesia itu kaya akan bumbu masakan. Bahkan, menurut Chef Billy, bahan utama seringkali lebih banyak dan lebih mahal di bumbu. Karena itu, ia  menyarankan untuk mulai menyiasati bumbu masakan yang Anda pakai.

"Tidak ada salahnya bumbu segar dipadukan dengan bumbu kering," ujarnya.

Misalnya dengan memadukan cabai segar dengan bubuk cabai kering. Namun agar tak mengurangi kelezatannya Anda bisa mencampurkan bumbu segar dengan bumbu kering.

"Sebenarnya lebih ke mengurangi, bukan mengganti. Jadi di-mix," ujar Cheff Billy.

Selain bumbu, memanfaatkan peralatan memasak berteknologi canggih pun bisa jadi alternatif. Chef Billy mencontohkan sebuah alat penggorengan yang bisa dipakai menggoreng dan menumis tanpa minyak. Dari situ, Anda bisa menghemat pengeluaran minyak goreng. Atau, Anda juga bisa mengganti hidangan yang digoreng dengan hidangan rebus. Selain hemat, juga lebih sehat bukan?

Pilih juga menu-menu yang bisa diolah dengan waktu singkat. Anda tak perlu banyak mengeluarkan waktu, tenang serta bahan pangan. Intinya, menurut chef Billy, Anda harus pintar-pintar membuat perhitungan. Karena sebenarnya banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati lonjakan harga. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/426743-siasat-masak-saat-harga-bahan-pokok-naik-drastis
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger