Tetap Bugar Berpuasa dengan Menu Sahur yang Tepat

Orang berpuasa dianjurkan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik (GI).  

Orang berpuasa dianjurkan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik (GI).  

VIVAlife - Tak sedikit orang sahur dengan menyantap makanan berat. Mulai dari rendang, ayam goreng, hingga opor ayam. Padahal, kecepatan metabolisme seseorang pada saat puasa cenderung menurun.

Itu sebabnya, orang berpuasa dianjurkan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik (GI) pada saat sahur. Makanan tersebut harus rendah karbohidrat, lambat serap, serta memiliki kecenderungan memberikan rasa kenyang lebih lama.

GI yang dianjurkan berkisar pada angka 54 atau kurang dari itu. Misalnya tahu, tempe, sayur, sup, atau daging. Adapun buah yang dianjurkan adalah yang mengandung air tinggi, seperti pepaya, semangka, dan kurma.

"Kuncinya adalah tinggi serat, cukup protein, cukup lemak baik, kurangi garam, dan hindari memasak terlalu lembek," ujar Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari.

Menurut dia, garam harus dikurangi selama berpuasa, karena dapat menyebabkan tubuh lebih mudah dehidrasi. Sementara itu, serat harus ditingkatkan untuk mencegah munculnya masalah konstipasi sekaligus melancarkan pencernaan. (art)


http://us.life.viva.co.id/news/read/428480-tetap-bugar-berpuasa-dengan-menu-sahur-yang-tepat
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger