Unik, Gadis Ini Membaca Braille dengan Bibir

Tsang Tsz Kwan. (CNN)

VIVAlife - Tak dapat melihat dan tak mampu mendengar. Namun ia berhasil menyabet predikat sebagai murid terbaik di sekolahnya. Bahkan ia menembus salah satu perguruan tinggi ternama.

Tsang Tsz Kwan. Ia belajar dengan menggunakak huruf braille. Tapi ia tak menggunakan tangannya untuk meraba, melainkan mengandalkan bibirnya untuk merangkai kata per kata.

Salah satu guru di sekolah berkebutuhan khusus Ebenezer, Mee Lin Chiu mengatakan, Tsang lebih mampu membaca jelas dengan bibir dibandingkan jari jemarinya. Meski demikian, Tsang tak begitu mengingat sejak kapan dirinya menggunakan bibirnya untuk meraba huruf braille.

Ya, ujung jari Tsang memang tak cukup sensitif untuk membaca karakter tonjolan braile yang membentuk kode tersebut. Ini memang bukan kasus pertama, orang yang hidup tanpa penglihatan membaca braille menggunakan bibir. Tapi ini jarang terjadi.

Profesor dari Universitas North Carolina, Diane Wormsely mengakui, dirinya merasa takjub saat melihat kemampuan Tsang. Akan tetapi, kondisi ini diakui Tsang bukan sebagai masalah. "Saya justru bersyukur karena masih memiliki cara untuk belajar tentang dunia, melalui tulisan," katanya seperti dikutip dalam Daily Mail.

Baginya kalau ingin berhasil, perlu keberanian untuk menantang diri sendiri. Katanya, jangan menjadikan kecacatan sebagai keterbatasan.


http://us.life.viva.co.id/news/read/429922-unik--gadis-ini-membaca-braille-dengan-bibir
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger