VIDEO RESEP: Kue Petula, Sajian Lezat Khas Madura

Kue petula nikmat disantap saat berbuka puasa. (ANTV)

Kue petula nikmat disantap saat berbuka puasa. (ANTV)

VIVAlife - Bagi warga Sampang, Madura, Jawa Timur, ada makanan khas yang wajib dihidangkan saat berbuka puasa. Namanya kue petula. Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan bentuk lingkaran yang khas dan disajikan dengan santan yang beraroma daun pandan.

Karena hanya muncul di bulan Ramadan, kue petula ini jadi andalan warga Sampang untuk meraup rezeki. Cara membuatnya cukup sederhana. Bahan-bahannya pun mudah didapat, seperti tepung beras, santan, garam, dan daun pandan.

Tepung beras dikukus selama kurang lebih 20 menit, kemudian diaduk dengan air hangat hingga benar-benar mengental. Setelah mengental, adonan diberi pewarna makanan sedikit demi sedikit, dan diaduk hingga merata.

Setelah itu adonan siap dicetak. Alat cetakannya sendiri masih sangat tradisional. Selesai dicetak, adonan dikukus sekitar 15 menit. Sementara kue petula dikukus, santan dari perasan kelapa dicampur dengan tepung beras kental, gula dan daun pandan. Setelah itu diaduk hingga mendidih.

Setelah keduanya matang, kue petula disajikan dengan siraman santan saat berbuka puasa. Kue petula nikmat dimakan sebelum menyantap makanan lainnya.

Lihat video resepnya di tautan ini. (kd)


http://us.life.viva.co.id/news/read/430107-video-resep--kue-petula--sajian-lezat-khas-madura
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger