Waktu Tepat Berolahraga Saat Puasa

Olahraga di pagi hari lebih tepat jika tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. (istockphoto)

Olahraga di pagi hari lebih tepat jika tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. (istockphoto)

VIVAlife - Idealnya saat berpuasa tubuh harus tetap aktif bergerak. Misalnya, dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Namun bukan berarti olahraga dapat dilakukan kapan saja.

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto mengatakan, individu yang berolahraga saat berpuasa harus mengetahui lebih dulu tujuannya. Ada dua tujuan seseorang berolahraga: ingin meningkatkan kebugaran dan mempertahankan kebugaran. Berikut adalah waktu tepat melakukannya.

Olahraga di pagi hari

Bila tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, Michael menganjurkan untuk berolahraga di pagi hari - setelah sahur dengan intensitas ringan-. Ini dilakukan agar tak memicu terjadinya dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan saat siang hari. Jika dilakukan siang hari bisa berpotensi mengurangi efektifitas kerja.

Lakukan olahraga yang aman namun tetap bermanfaat, seperti jalan cepat, joging, dan bersepeda. "Komposisinya 70 persen kardio dan 30 persen beban, seperti push up dan sit up," ujarnya saat dihubungi VIVAlife, Jumat, 12 Juli 2013.

Michael menjelaskan,  olahraga ini sebaiknya dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Selain untuk mempererat hubungan keluraga, juga membangun kebiasaan hidup sehat.

Olahraga di sore hari

Bila tujuannya untuk menjaga kekuatan dan bentuk otot yang telah terbentuk sebelumnya atau ingin berolahraga yang lebih berat, sebaiknya dilakukan sore hari - dua jam sebelum berbuka puasa-. Alasannya ketika kehilangan cairan yang berlebihan, individu akan lebih mudah mencukupinya saat waktu berbuka.

Bagi mereka yang ingin latihan bersifat explosive power atau mempertahankan otot dengan latihan beban berat, harus memperhatikan faktor suhu, udara, dan cuaca. Hal ini dilakukan agar puasa dapat tetap terjaga.

Michael menganjurkan komposisi berolahraga ideal untuk kardio dan beban sama besarnya, yaitu 50 persen. Tak hanya itu, intensitas latihan berat biasanya juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

"Mereka yang ingin mempertahankan kebugaran, sebaiknya menghindari olahraga di pagi hari. Hal ini karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan yang membuat puasa menjadi batal," ucapnya.


http://us.life.viva.co.id/news/read/428300-waktu-tepat-berolahraga-saat-puasa
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger