4 Kebiasaan Makan Perusak Tubuh

Konsumsi garam berlebih dapat melemahkan fungsi otak. (Genius Beauty)

Konsumsi garam berlebih dapat melemahkan fungsi otak. (Genius Beauty)

VIVAlife - Konsumsi makanan bisa menjadi petunjuk seberapa sehat tubuh Anda. Ya, beberapa jenis makanan memang dapat membantu menyehatkan tubuh, termasuk mempertajam fungsi kognisi. Sebut saja ikan dengan asam lemak omega-3 yang mampu menyehatkan jantung, sekaligus mencerdaskan otak.

Namun, kebiasaan makan yang lain justru merusak tubuh. Melemahkan fungsi sel tubuh hingga penuaan terjadi lebih cepat dari semestinya. Dilansir Huffington Post, berikut empat kebiasaan makan yang harus dihindari:

Menikmati lemak 

Sebuah studi dari di Brigham Women's Hospital mengungkap bahwa lemak yang ditemukan pada daging merah dan susu memicu penurunan fungsi otak. Penelitian ini mengamati kebiasaan makan pada hampir 6.200 wanita di atas usia 65. Mereka  menemukan bahwa, rata-rata mereka yang banyak mengonsumsi lemak jenuh cenderung pikun. Untuk mempertajam fungsi kognisi, Anda disarankan memperbanyak konsumsi minyak zaitun, alpukat, dan lemak tak jenuh tunggal. 

Garam berlebih

Garam seolah menjadi senjata untuk menciptakan rasa pada makanan. Namun, garam juga membuat tubuh kekurangan air dan berkontribusi pada penyakit tekanan darah tinggi, ginjal, dan gangguan metabolisme tulang. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Baycrest, Toronto juga menemukan bahwa diet tinggi garam dapat merusak otak.

Makanan manis

Konsumsi gula berlebih dikaitkan dengan penuaan dini. Produksi kolagen menjadi terhambat sehingga keriput pada kulit muncul lebih cepat. 

Makan saat stres

Pernah merasakan berat badan naik saat stres? Ya, jika Anda makan berlebih saat stres, hormon stres menghambat tubuh untuk mencerna makanan sehingga makanan yang dikonsumsi menumpuk karena gangguan metabolisme. Saat stress, tubuh juga akan sulit menyerap nutrisi. (adi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/434938-4-kebiasaan-makan-perusak-tubuh
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger