Enam Cara Sederhana Redakan Marah

Ketidakmampuan mengendalikan marah dapat memperburuk kualitas hidup. (mrmarriagesaver.com)

Ketidakmampuan mengendalikan marah dapat memperburuk kualitas hidup. (mrmarriagesaver.com)

VIVAlife - Marah merupakan salah satu kondisi yang sering dialami setiap orang. Sebagian orang dapat mengendalikan, namun sebagian lainnya justru tetap melepaskan emosinya. Tak jarang hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi gelap mata.

Ketidakmampuan mengendalikan marah juga dapat memperburuk kualitas hidup. Pengaruhnya berdampak mulai dari mental hingga fisik. Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa cara sederhana meredakan marah seperti dilansir laman Boldsky.


Berhitung

Cobalah berhitung dalam hati dari satu hingga 10 ketika tengah marah atau kesal. Lakukan secara perlahan. Hal ini bertujuan memberikan waktu untuk berpikir lebih panjang.

Atur napas
Salah satu cara untuk meredakan marah dengan mengatur napas. Bernapas dalam-dalam kemudian berkonsentrasi dalam setiap napas yang dihirup dan dikeluarkan dapat menjernihkan pikiran Anda.

Identifikasi

Ketika Anda marah pada sebuah hal, pastikan untuk mengidentifikasi alasan mengapa Anda marah. Kemudian Anda juga dapat meminta bantuan, saran atau solusi pada teman dekat. Cara ini dapat membantu meringankan hati Anda.

Meditasi

Sudah bukan rahasia lagi kalau meditasi memiliki banyak manfaat. Tak hanya bagi kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental di kemudian hari. Ya, yoga contohnya. Ini adalah latihan yang dapat mengatur perilaku emosional dan membuat Anda lebih toleran dalam menghadapi situasi yang memancing rasa kesal dan marah.

Melupakan dan memaafkan
Terkadang perlu untuk melupakan hal yang membuat Anda marah. Melupakan dan memaafkan orang lain dapat mengatasi kemarahan Anda. Meski butuh waktu, Anda harus mencobanya perlahan.

Kalimat positif
Ketika marah, cobalah untuk mengutarakan kata-kata positif. Terus mengulangi kalimat positif pada diri sendiri dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih tenang. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/437498-enam-cara-sederhana-redakan-marah
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger