Kawah Besar di Tengah Padang Pasir Arab Saudi

Bentuk kawah Al Wahba menyerupai kawah Barringer. (arabnews.com)

Bentuk kawah Al Wahba menyerupai kawah Barringer. (arabnews.com)

VIVAlife - Di tengah hamparan gurun pasir Arab Saudi, terdapat kawasan vulkanik dengan kawah berisi mineral berwarna putih, yaitu kawah Al Wahba. Terletak di 254 km dari Taif di tepi barat dataran tinggi Hafer Kishb, Arab Saudi, Al Wahba merupakan kawah berukuran paling besar di Timur Tengah.

Dengan diameter dua kilometer, Al Wahba berada persis di bawah tebing dengan ketinggian 250 meter. Dasar kawah diselimuti kerak tebal terdiri dari mineral natrium fosfat berwarna putih menyilaukan.

Meski penampilannya seperti bekas hantaman meteorit menyerupai kawah Barringer, Wahba terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Kontak antara magma cair dari dalam dengan air bawah tanah menghasilkan kawah-kawah. Di sisi lain kawah ini masih tertinggal sisa-sisa gunung berapi berupa bukit abu vulkanik.

Di masa lalu, area ini penuh dengan aktivitas vulkanik. Abu vulkanik bersemayam di bawah hamparan pasir yang merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi. Dari udara, pengunjung masih dapat menyaksikan tanggul yang penuh dengan lava. Sementara di bagian utara kawah, dipenuhi pohon palem dan rerumputan hijau. (Sumber: Amusing Planet, Arabnews | umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/437548-kawah-besar-di-tengah-padang-pasir-arab-saudi
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger