Kerusakan Rambut Bisa Jadi Sinyal Tubuh Tak Sehat

Rambut rontok  

VIVAlife- Tidak dapat disangkal, bahwa rambut menjadi salah satu aksesoris penunjang penampilan. Baik pria maupun wanita seringakali merasa tak percaya diri, jika mengalami masalah kerusakan pada rambut.

Namun, yang lebih penting perlu diketahui, bahwa rambut sebenarnya adalah barometer yang menunjukkan baik atau buruknya kondisi kesehatan seseorang.

Gangguan tubuh seperti anemia, masalah tiroid, ketidakseimbangan hormon dan masalah berkaitan dengan kesehatan umum dapat didiagnosis dengan melakukan tes rambut. Untuk itu, jika terjadi masalah pada rambut, sebaiknya ditanggapi serius karena bisa menjadi sinyal, kondisi tubuh tak sehat.

Trichologist, Dr Shah Apoorva  seperti diberitakan Times of India, berbicara tentang tanda-tanda rambut yang menunjukkan kesehatan yang buruk.

"Rambut kita bereaksi cepat terhadap perubahan dalam tubuh. Masalah pada hormon atau kurangnya hasil nutrisi pada rambut bisa langsung menimbulkan masalah kulit kepala," katanya.

Sebagai contoh, rambut rontok, bisa jadi sinyal bahaya dalam tubuh. Setelah sinyal direspon dan diobati, rambut akan kembali ke pola normal. Tapi terkadang, masalah pada rambut, seringkali diabaikan.

"Masalah rambut tidak dapat diabaikan. Jika Anda melihat rambut rontok,  pertumbuhan atau kekeringan yang berlebihan dari rambut dan kulit kepala juga adanya ketombe, Anda perlu menghubungi trichologist sesegera mungkin," saran Apoorva.

Kondisi ini, mungkin lebih dari sekadar bad hair day. Penelitian menunjukkan bahwa dalam kasus pasien yang menderita masalah tiroid, biasanya mereka mengalami rambut rontok. Bahkan ketika seseorang menderita demam karena virus.

Gangguan lain yang bisa menyebabkan kerusakan dan kerontokan pada rambut sebaiknya Anda tahu:

- Kanker
- Masalah Jantung
- Masalah tiroid
- Masalah paratiroid
- Anemia

Kurang gizi

Masalah kurang gizi juga bisa dilihat dari kondisi rambut. Kekurangan gizi, bisa timbul akibat  kekurangan protein yang berisiko menimbulkan Kwashiorkor dan Marasmas, yang ditandai dengan rambut kering dan berwarna terang.

Demikian pula, kekurangan zinc menyebabkan rambut rontok dan rambut berwarna agak kemerahan. Perubahan serupa terlihat dalam kasus kekurangan asam lemak, infeksi virus dan bakteri. Kondisi imun tubuh yang menurun, juga bisa ditandai dengan kerusakan pada rambut, antara lain:

- Ketidakseimbangan hormon
- Polycystic Ovarian Disorder
- Masalah autoimun
- Kurap
- Tonsil terinfeksi atau masalah gigi
- Gagal ginjal
- Infeksi jamur

"Hampir semua gangguan menyebabkan rambut rusak. Oleh karena itu, untuk mengetahui keadaan rambut Anda dan kesehatan Anda, penting untuk melakukan cek kesehatan," kata Apoorva.


http://us.life.viva.co.id/news/read/437082-kerusakan-rambut-bisa-jadi-sinyal-tubuh-tak-sehat
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger