Studi: Rokok Elektrik Sama Bahaya dengan Rokok Tradisional

Rokok elektrik di Perancis. (REUTERS/Christian Hartmann)

Rokok elektrik di Perancis. (REUTERS/Christian Hartmann)

VIVAlife - Siapa bilang rokok elektrik tidak berbahaya? Cara baru yang sering dijadikan pengganti bagi orang yang ingin berhenti merokok ini ternyata tak sepenuhnya aman. Buktinya, pemerintah Perancis melarang rokok elektrik dinyalakan di tempat umum.

Mengutip Daily Mail, sebuah studi di Perancis menyebutkan bahwa rokok elektrik juga mengandung karsinogenik. Itu adalah bahan kimia yang sama berbahayanya seperti rokok biasa.

Sebuah lembaga konsumen di negeri Menara Eiffel itu melakukan pengujian pada 10 model rokok elektrik yang berbeda. Baik itu model rechargeable maupun sekali pakai, ada bahan kimia karsinogenik signifikan yang terdeteksi dalam uapnya.

Selain itu, juga ditemukan molekul tinggi racun akrolein, yang tingkatnya kadang lebih tinggi dari rokok tradisional.

Ini menjadi dasar pembenaran bagi kebijakan terbaru pemerintah Perancis. Menteri Kesehatan Perancis, Marisol Touraine menyamakan rokok elektrik dengan rokok biasa, dan menerapkan peraturan yang sama bagi keduanya.

Tak hanya dilarang di tempat-tempat umum, rokok elektrik juga dilarang dijual pada anak usia di bawah delapan tahun. Produk itu juga tak boleh diiklankan.

Wacana itu membuat berang beberapa pengusaha rokok elektrik setempat. Pasalnya, industri itu tengah booming di sana. Sekitar satu juta orang menggunakannya. Padahal, Profesor Bertrand Dauzenberg seorang ahli kesehatan sudah pernah mewanti-wanti efek alat itu.

"Rokok elektrik bisa mengarahkan anak-anak untuk mulai merokok. Penjualan untuk anak di bawah umur harus dilarang. Bagi perokok berat mungkin ini bisa sedikit mengurangi risiko, tetapi cara terbaik berhenti merokok adalah dengan permen karet," ujarnya memaparkan. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/439895-studi--rokok-elektrik-sama-bahaya-dengan-rokok-tradisional
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger