Alasan Ibu Hamil Harus Jaga Kesehatan Rongga Mulut

Ibu hamil wajib menjaga kesehatan rongga mulut (inmagine.com)

Ibu hamil wajib menjaga kesehatan rongga mulut (inmagine.com)

VIVAlife- Menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk ibu hamil. Tak terkecuali kesehatan rongga mulut. Sebab, rongga mulut (periodontal) yang tak sehat selama kehamilan, bisa menyebabkan bayi lahir dengan ukuran berat prematur.

Hal ini merupakan hasil sebuah studi terbaru. Dan, sejumlah penyakit rongga mulut kronis biasanya akan menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bahkan, peradangan dalam mulut bisa menyerang gusi dan dalam kasus yang lebih parah bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tulang penyangga gigi.

Jika tidak diobati , penyakit periodontal yang juga dikenal sebagai penyakit gusi dapat menyebabkan kehilangan gigi. Bahkan bisa juga masalah pada ronggga mulut ini menjadi indikasi, adanya penyakit berbahaya lain yang diidap ibu hamil seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

"Gusi kemerahan, atau gusi bengkak adalah beberapa indikasi penyakit periodontonal," kata Dr Nancy L, practicing periodontist dari  Missouri seperti diberitakan Times of India.

Gejala rongga mulut tak sehat lainnya juga bisa terlihat dari masalah gusi yang mudah berdarah saat menyikat gigi atau makan. "Pertumbuhan gigi longgar, bau mulut bisa jadi tanda-tanda kondisi rongga mulut tak sehat."

Masalah ini tidak boleh diabaikan dan sesegera mungkin melakukan cek kesehatan ke dokter gigi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan penyakit periodontal mungkin lebih cenderung melahirkan bayi prematur atau dengan berat badan lahir rendah dibandingkan ibu dengan gusi yang sehat .

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC ), bayi dengan berat lahir kurang dari 5,5 pon mungkin berada pada risiko masalah kesehatan jangka panjang seperti keterampilan motorik tertunda, pertumbuhan sosial yang sulit berkembang, hingga menimbulkan ketidakmampuan belajar .

Komplikasi serupa berlaku untuk bayi yang lahir setidaknya tiga minggu lebih awal dari waktu jatuh tempo .

Isu-isu lain yang berhubungan dengan kelahiran prematur termasuk masalah pernapasan, kehilangan penglihatan dan pendengaran, atau bahkan mengalami gangguan masalah pencernaan.

Sejumlah dokter gigi pun setuju, menjaga kesehatan periodontal merupakan bagian penting dari kehamilan yang sehat .

Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Periodontology and Journal of Clinical Periodontology. (adi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/444046-alasan-ibu-hamil-harus-jaga-kesehatan-rongga-mulut
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger