Alasan Wanita Hamil Wajib Konsumsi Susu

Ilustrasi wanita meminum susu. (http://cdn.sheknows.com)

Ilustrasi wanita meminum susu. (http://cdn.sheknows.com)

VIVAlife - Ada alasan di balik maraknya kampanye minum susu bagi wanita hamil. Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari minuman manis nan segar itu. Susu mengandung vitamin, mineral, asam folat, zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang penting untuk pertumbuhan janin.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkap, mengonsumsi susu selama kehamilan juga dapat membuat anak tumbuh lebih tinggi saat remaja.

Mengutip laman Daily Mail, penelitian ini memperhatikan tinggi dari 809 bayi yang lahir pada akhir tahun 1980-an di Jerman. Beranjak remaja, tinggi mereka kembali diukur dengan seksama. Para peneliti kemudian mengaitkan dengan berapa banyak susu yang dikonsumsi ibu mereka selama hamil.

Hasilnya menunjukkan, wanita yang mengonsumsi seperempat liter susu setiap harinya selama hamil, memiliki anak yang lebih tinggi saat remaja. Anak-anak itu juga memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi dalam aliran darahnya, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

"Ibu yang mengonsumsi susu selama hamil, berefek pada pertumbuhan janin yang baik. Selain berat dan panjang saat lahir, efek susu juga terlihat hingga anak mencapai usia dewasa," tulis sebuah laporan yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Ahli gizi asal Irlandia, Denmark, dan Amerika Serikat sudah mengakui manfaat susu tak hanya dapat dirasakan orang yang meminumnya. Bagi bayi, manfaat itu dimulai dari tahap awal kehidupan dan terus diperpanjang hingga tahun-tahun berikutnya.

Para ilmuwan Inggris juga menyebutkan, susu yang kaya akan yodium dapat membantu meningkatkan IQ bayi. Penelitian sudah dilakukan untuk itu. Mereka menemukan, wanita hamil yang konsumsi yodiumnya rendah akan memiliki anak dengan IQ rendah pula.

Konsumsi yodium itu berpengaruh pula pada kemampuan membaca. Alasannya, kandungan yodium pada susu sangat penting untuk memproduksi hormon dalam kelenjar tiroid. Hormon itu memiliki efek langsung terhadap perkembangan otak janin. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/443204-alasan-wanita-hamil-wajib-konsumsi-susu
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger