Ingin Cerdas? Putar Lagu Miley Cyrus dan Justin Timberlake

Mendengarkan musik bisa cerdaskan otak.  

Mendengarkan musik bisa cerdaskan otak.  

VIVAlife - Lupakan sementara soal kontroversi yang pernah dibuat Miley Cyrus. Enyahkan pula soal pernikahan Justin Timberlake dan Jessica Biel. Ini soal musik yang mereka mainkan.

Mengutip laman Daily Mail, sebuah penelitian mengungkapkan, lagu-lagu yang mereka bawakan ternyata bisa meningkatkan intelegensi seseorang.

Dr Emma Gray, seorang psikolog klinis mengungkapkan, mendengarkan musik-musik Cyrus dan Timberlake sambil belajar dipercaya memiliki efek menenangkan pada pikiran dan membantu berpikir logis.

Memang tidak semua lagu berefek demikian. Gray menuturkan, lagu dengan genre pop yang memiliki ketukan 50-80 per menit seperti We Can't Stop milik Cyrus atau Mirrors milik Timberlake mampu mendorong otak untuk lebih mudah mengingat fakta baru.

Ia menambahkan, lagu pop dan rock juga bisa menambah kreativitas.

"Termasuk lagu Firework yang dipopulerkan Katy Perry. Lagu itu mampu membuat pendengarnya bersemangat sehingga lebih kreatif dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dan Seni," ujar pakar terapi perilaku kognitif dari The British CBT and Counselling Service di London itu.

Riset itu juga menemukan, siswa yang mendengarkan musik klasik dengan 60-70 ketukan per menit akan mendapat nilai rata-rata 12 persen lebih baik saat mengerjakan matematika.

Musik klasik seperti Fur Elise karya Beethoven juga membuat kemampuan belajar siswa menjadi lebih lama. Musik itu juga mendorong untuk menguasai lebih banyak informasi.

"Musik memberikan efek positif pada pikiran. Mendengarkan musik yang tepat dapat meningkatkan proses pembelajaran," lanjut Gray.

Untuk pelajaran yang mengandalkan logika seperti Matematika, musik membantu menenangkan pikiran dan menambah konsentrasi. Sedangkan untuk pelajaran yang berbau kreatif, musik membantu merefleksikan emosi yang ingin diekspresikan siswa.


http://us.life.viva.co.id/news/read/443523-ingin-cerdas--putar-lagu-miley-cyrus-dan-justin-timberlake
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger