Ingin Segera Naik Jabatan? Tiru Saja Busana Atasan

Hubungan dengan bos bisa lebih baik dengan berbusana mirip mereka.  

Hubungan dengan bos bisa lebih baik dengan berbusana mirip mereka.  

VIVAlife - Cek kembali busana Anda sebelum berangkat ke kantor. Sudahkah cukup rapi? Yang lebih penting lagi, sudahkah cukup mirip dengan cara berbusana atasan Anda? Ya, tak perlu sungkan meniru bagaimana atasan Anda berbusana di kantor.

Pasalnya, sebuah survei terbaru mengungkapkan, seseorang yang berpakaian seperti bos atau koleganya akan lebih dihargai. Mengutip laman Telegraph, survei itu juga menyebutkan, lebih dari setengah karyawan berbusana dengan pengaruh atasan dan rekan kerja.

Mereka cenderung meniru bagaimana atasan mereka berbusana. Tak hanya lebih dihormati, 61 persen responden dalam survei yang sama juga menganggap berbusana mirip atasan dapat menciptakan suasana kerja lebih baik dan produktif.

Survei yang dilakukan Debenhams ini melibatkan dua ribu karyawan sebagai responden. Mereka ditanya soal cara berbusana ke kantor. Hasilnya, 32 persen karyawan sengaja berbusana mirip dengan rekan kerja atau atasan selama dua sampai tiga hari per minggu.

Untungnya, para atasan tak merasa terganggu saat gaya berbusananya ditiru karyawan. Mereka justru tersanjung. Sekitar 68 persen atasan yang disurvei mengakui, karyawan yang sengaja berbusana mirip mereka memiliki poin lebih tinggi.

Secara tak sadar, para atasan itu juga menghabiskan waktu lebih banyak dengan karyawan yang meniru mereka. Dr Karen Pine, psikolog dari University of Hertfordghire menjelaskan, itu karena sifat alami manusia.

"Manusia cenderung tertarik pada orang-orang yang mirip dengan mereka, dan perbedaan dapat dirasakan sebagai ancaman. Orang juga merasa lebih aman jika mereka bergaya busana yang sama," ujarnya. Karen melanjutkan, kebutuhan berkelompok pada manusia membuat orang merasa kompak saat bergaya busana sama.

Ini mencerminkan budaya kolaboratif dalam organisasi. Tak heran, atasan sering mengangkat dan mempromosikan orang-orang yang mirip dengan mereka. Bisa dari segi gaya berbusana ataupun tingkah laku.

Ternyata, survei ini mengungkap, pakaian tak hanya menunjukkan karakter seseorang tetapi juga dapat mengubah kepribadian pemakainya. (umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/441776-ingin-segera-naik-jabatan--tiru-saja-busana-atasan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger