Ini Cara KCI Perjuangkan Royalti Pencipta Lagu

Drs. Dharma Oratmangun, M.Si., Ketua KCI (Dokumentasi Pribadi)

Drs. Dharma Oratmangun, M.Si., Ketua KCI (Dokumentasi Pribadi)

VIVAlife - Karya Cipta Indonesia (KCI) sebagai lembaga manajemen kolekting (LMK) berbasis pada pemilik hak cipta yang diatur UU mempunyai satu tujuan utama, yaitu memuliakan profesi pencipta lagu. KCI mengaku akan terus memperjuangkan hal royalti bagi para pencipta lagu yang tidak sedikit tersandung masalah hukum.

"Bagaimana membuat aman bagi para pencipta lagu dalam merilis karya-karyanya. Prinsip dasar pembentukan KCI memang untuk memuliakan profesi pencipta lagu. Terutama untuk royalti," ujar Ketua Umum KCI Dharma Oratmangun kepada VIVAlife, Senin 9 September 2013.

Saat ini tercatat anggota KCI 2.825 orang dengan karya 130.000 lagu plus pencipta lagu di daerah di seluruh Indonesia. Saat ini, pemasukan KCI di Indonesia setahun terakhir Rp 7 miliar.

Dibandingkan dengan pemasukan LMK (Lembaga Managemen Kolekting) di luar negeri, pemasukan KCI terhitung masih sangat kecil. Sebab, JASRAC di Jepang yang mendapatkan pemasukan Rp 6 triliun pada 2011, ASCAP di AS pada 2008 mendapatkan Rp 8 triliun, dan PRS di Inggris pada 2010 mendapatkan Rp 5 triliun.

KCI juga akan merangkul semua pemangku kepentingan dan pengguna karya cipta lagu Indonesia. Seperti pelaku industri musik Indonesia Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), Gaperindo, Asirindo, Prisindo, PAPPRI, PAMMI, dan Asosiasi Pengusaha Karaoke Indonesia (Aperki) serta pengusaha mal, penerbangan, dan lain sebagainya.

"Dengan prinsip no song, no bussines music diharapkan kreativitas pencipta lagu dapat juga mendatangkan keuntungan bisnis yang adil bagi penciptanya. Meski demikian, dia juga menyadari di Indonesia posisi para kreator atau pencipta lagu masih termarginalkan posisinya," ujarnya.

"KCI akan meminta Pemerintah untuk melakukan verifikasi atas Badan Kolekting yang betul-betul memenuhi unsur keabsahan kepemilikan Hak Cipta, termasuk jika diperlukan KCI akan mengusung gagasan Uji Materiil terhadap perjanjian-perjanjian dalam Industri Musik yang masih banyak sekali tidak/kurang memenuhi azas keadilan dan kesetaraan," katanya. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/442525-ini-cara-kci-perjuangkan-royalti-pencipta-lagu
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger