Langsingkan Tubuh, Cukup Olahraga Satu Menit

Langsingkan tubuh dengan olahraga rutin. (istockphoto)

Langsingkan tubuh dengan olahraga rutin. (istockphoto)

VIVAlife - Untuk menjaga kebugaran tubuh, para ahli menyarankan kita untuk melakukan olahraga 150 menit per minggu. Namun, penelitian terbaru justu mengungkap bahwa olahraga selama satu menit saja sudah mampu menjaga kebugaran plus menurunkan berat badan.

Para ilmuwan dari University of Utah menguji tingkat aktivitas lebih dari 4.500 pria dan wanita. Mereka dibekali dengan alat akselerometer untuk menghitung akurat segala pergerakan mereka. 

Dengan alat tersebut, diketahui bahwa pengurangan berat badan bisa dihitung setiap menit. Dari studi yang sama ditemukan juga bahwa jantung dan paru-paru peserta kerap menaiki anak tangga memiliki kinerja hampir mirip dengan mereka yang berolahraga dalam periode lama tapi jarang. 

"Untuk mencegah kenaikan berat badan, intensitas aktivitas lebih penting daripada durasi," kata profesor studi keluarga dan konsumen University of Utah Jessie Fan.

Profesor Fan menambahkan: "Melakukan aktivitas singkat dengan gerakan cepat menambah efek positif untuk memelihara kesehatan," ucapnya seperti dikutip Huffington Post.

Studi menyebut, satu menit yang dihabiskan wanita dengan aktivitas tinggi dikaitkan dengan pengurangan indeks massa tubuh 0,07 atau setara 186 gram berat tubuh.

Artinya, hanya satu menit berjalan cepat atau naik turun tangga dengan berlari dapat menurunkan peluang obesitas pada wanita hingga lima persen. Bila dilakukan secara rutin, tentu hasilnya lebih menjanjikan. 

Hasil yang sama terjadi pada pria. Aktivitas berintensitas tinggi menurunkan risiko obesitas sebanyak dua persen. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/441512-langsingkan-tubuh--cukup-olahraga-satu-menit
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger