Tips Agar Tetap Bugar Selama Ibadah Haji

Jemaah calon haji kloter pertama menaiki pesawat yang akan membawa mereka ke Mekkah. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jemaah calon haji kloter pertama menaiki pesawat yang akan membawa mereka ke Mekkah. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

VIVAlife - Dalam beberapa pekan ini, ribuan jemaah haji asal Indonesia akan diberangkatkan ke Arab Saudi secara bertahap. Selain diwajibkan vaksinasi meningitis, para jemaah juga diminta untuk mengantisipasi cuaca panas saat melaksanakan ibadah haji nanti.

Mantan tenaga kesehatan dan haji daerah sekaligus spesialis penyakit dalam, Dr. Ari Fahrial Syam menuturkan, selain cuaca terdapat faktor lain yang bisa memperburuk kesehatan jemaah. Salah satunya kelelahan akibat perjalanan panjang.

Ia pun menyarankan agar para jemaah menghindari aktivitas yang tak berhubungan dengan rangkaian ibadah haji, terutama di ruang terbuka. Ia juga menganjurkan jemaah untuk tidak lupa mengonsumsi air putih.

"Minum banyak tiga sampai empat liter air. Oleh karena itu lihat warna urin untuk melihat apakah telah terjadi dehidrasi," ujar Ari dalam surat elektronik yang diterima VIVAlife.

Para jemaah juga harus mengimbangi dengan asupan makanan yang cukup. Selain itu, jangan mengabaikan waktu makan. Pasalnya, makanan akan mudah berubah dan mudah terkontaminasi. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur.

Lebih lanjut ia menghimbau kepada jemaah untuk menghindari pembelian makanan dan minuman dari tempat yang tak resmi, misalnya di pinggir jalan. Dianjurkan pula untuk memeriksakan kesehatan rutin. Ini penting dilakukan agar gangguan kesehatan yang terjadi dapat segera diatasi dan tak berlarut. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/444708-tips-agar-tetap-bugar-selama-ibadah-haji
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger