Ungkap Masalah Kesehatan dari Pilihan Makanan

Saat kekurangan zat besi, otak memberi sinyal untuk memilih makanan berdaging. (Genius Beauty)

Saat kekurangan zat besi, otak memberi sinyal untuk memilih makanan berdaging. (Genius Beauty)

VIVAlife -  Merasa memiliki hasrat makan berlebih? Jika ya, Anda harus mulai waspada. Karena keinginan makan secara terus-menerus ini bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan. Bisa jadi tubuh kekurangan mineral, kalori, atau yang lainnya. Melansir Galtime, jenis makanan yang kerap dipilih pun bisa digunakan sebagai prediksi kondisi kesehatan. Apa saja?

Makanan manis

Jika Anda cenderung mencari makanan manis, biasanya karena tubuh sedang mencoba meningkatkan kadar serotin, yakni hormon pembangkit rasa bahagia di dalam otak.

Makanan yang tinggi karbohidrat seperti cokelat, es krim dan berbagai penganan manis lainnya akan meningkatkan serotonin dengan cepat dan membuat mood Anda lebih baik. Hasrat makanan manis juga menandakan bahwa tubuh memerlukan tambahan energi. 

Rasa manis dari makanan ini juga banyak dicari saat tubuh tidak mendapat asupan makanan. Biasanya saat kita melawatkan jam makan. Jika terus dituruti, risiko terkena diabetes atau kegemukan semakin besar.

Cara sehat untuk memuaskan keinginan makanan manis dan meningkatkan serotin, adalah: menggantinya dengan makan buah segar seperti pisang, melon atau semangka. 

Mengandung daging

Jika Anda selalu ingin makan burger, steak, sup buntut, atau daging asap, kemungkinan tubuh sedang kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, secara otomatis otak akan memberi sinyal agar kita memilih jenis makanan yang kaya akan zat besi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebenarnya, mengonsumsi daging merah sesekali baik untuk tubuh. Namun jika dimakan setiap hari dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dan gangguan pencernaan. Anda bisa mendapatkan zat besi lain dari telur, daging ayam, atau kacang-kacangan. 

Makanan asin

Sering ngemil keripik, cheese stickpretzel, atau kerap menambahkan garam pada makanan? Bisa jadi Anda sedang mengalami kekurangan mineral. Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang mengalami kekurangan kalsium, cenderung memilih makanan asin.

Asupan makanan yang mengandung sodium, bisa menambah tingkat kalsium meskipun sifatnya hanya sementara. Itu sebabnya wanita dalam fase PMS, seringkali memilih makanan asin. Agar lebih sehat, ganti makanan asin dengan air kelapa murni untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh. (umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/441455-ungkap-masalah-kesehatan-dari-pilihan-makanan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger