Deteksi Penyakit Lewat Gigi dan Mulut

Ilustrasi gigi nyeri. (http://www.anneahira.com)

Ilustrasi gigi nyeri. (http://www.anneahira.com)

VIVAlife - Biasanya, kunjungan ke dokter gigi hanya dilakukan ketika gigi sedang bermasalah. Padahal, banyak fakta kesehatan yang dapat diungkap dari kondisi gigi. Hal tersebut dideteksi melalui metodologi kuno yang disebut Toothology. 

Ilmu kuno ini menelaah warna, tekstur, dan keadaan umum gigi. Apa saja penyakit yang dbisa dideteksi melalui gigi?

Sinusitis

Jika nyeri akut dirasakan pada gigi geraham atas, waspadai penyakit sinusitis.

Sinus maksilaris yang terletak di rahang atas, berada tepat di atas akar gigi geraham atas. Begitu dekatnya letak ujung akar gigi dan sinus. Sehingga jika terjadi masalah pada akar gigi atas, rongga sinus dapat terinfeksi.

Mulas

Mereka yang sering merasa mulas atau mengalami gangguan refluks asam lambung, enamel giginya terkikis. Enamel adalah pelindung gigi dari kerusakan.

Kebiasaan makan yang tidak sehat, ataupun mengemil sebelum tidur, adalah faktor yang menyebabkan gangguan refluks asam.

Melahirkan prematur

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon yang meningkatkan risiko kesehatan mulut. Misalnya Gingivitis yaitu radang gusi, ataupun Periodontitis, berupa infeksi gigi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang gigi.

Wanita hamil yang memiliki masalah ini, dapat mengalami kelahiran prematur, dengan berat badan di bawah rata-rata.

Stres

 

Orang yang stres, cenderung menggeretakkan gigi tanpa sadar. Jangka panjangnya, gigi menjadi rata karena gesekan gigi atas dan bawah. Selain itu, kebiasaan tersebut juga menyebabkan nyeri rahang, otot pipi lelah, sakit kepala dan sakit telinga.

Dilansir Times of India, selain gigi, mulut juga jadi jendela pembuka tanda-tanda penyakit. Di antaranya:  

Daya tahan tubuh lemah 

Sariawan terjadi karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Pada kasus yang sangat langka, sariawan juga menjadi sinyal peringatan kanker mulut atau kanker tenggorokan.

Diabetes

Xerostomia atau mulut kering, secara klinis merupakan tanda awal diabetes. Hal ini menyebabkan pembuluh darah dalam kelenjar ludah menebal, sehingga memperlambat aliran air liur dan penghapusan racun. 


http://us.life.viva.co.id/news/read/451415-deteksi-penyakit-lewat-gigi-dan-mulut
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger