Gangguan Suasana Hati Rentan Dialami Wanita

Suasana hati tak menentu dapat menyebabkan depresi.  

Suasana hati tak menentu dapat menyebabkan depresi.  

VIVAlife - Pada umumnya setiap orang pernah mengalami perubahan suasana hati. Namun Anda patut diwaspadai jika kondisi tersebut terjadi secara ekstrem. Bisa jadi Anda mengalami gangguan bipolar.

Ya, masalah kesehatan jiwa serius ini diketahui jamak dialami oleh wanita. Perbandingannya dengan pria adalah 1:2. Dr. Nurmiati Amir mengatakan, wanita rentan mengalami bipolar karena faktor hormonal.

"Bipolar pada wanita kerap dihubungkan dengan emosional ketika datang bulan. Suasana hati tak menentu pun dapat menyebabkan depresi," kata Nurmiati dalam acara Seminar Media Kendalikan Gangguan Bipolar Sejak Dini, di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2013.

Bipolar atau gangguan suasana hati pada wanita umumnya akan terlihat di usia belasan. Gangguan hormon dopamin lah yang menyebabkan adanya gangguan pada kimia otak.

Bipolar memang sulit dideteksi secara kasat mata. Namun, jika seseorang sudah mengalami episode mania, seperti perasaan gembira atau berbicara berlebihan dan perasaan sedih yang luar biasa, Nurmianti menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter (psikiater).

"Hanya dokter yang dapat mengklaim apakah seseorang mengalami bipolar atau tidak. Karena akan dilakukan pemeriksaan khusus," kata Nurmiati. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/448604-gangguan-suasana-hati-rentan-dialami-wanita
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger