Ketahui Penyebab Katarak pada Bayi Baru Lahir

Pengobatan katarak pada bayi sama dengan pengobatan katarak pada orang dewasa. (newsanchormom.blogspot.com)

Pengobatan katarak pada bayi sama dengan pengobatan katarak pada orang dewasa. (newsanchormom.blogspot.com)

VIVAlife - Katarak merupakan penyakit mata yang disebabkan karena lensa mata yang keruh, sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang. Umumnya penyakit katarak dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun ternyata, katarak juga bisa diderita oleh bayi yang baru lahir.

Pada acara SOHO #BetterU : Hari Penglihatan Sedunia di Thamrin City, Jakarta Pusat, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek mengatakan, katarak pada bayi biasanya terjadi karena ibu menderita penyakit toksoplasma, sehingga menyebabkan bayi menerima cairan protozoa selama berada di dalam kandungan.

"Itu sebabnya ibu yang sedang mengandung memiliki hak asasi yang lebih besar. Ini pesan juga untuk para ayah, agar memberikan gizi yang baik kepada ibu selama kehamilan," ujar dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

Pengobatan katarak pada bayi sama dengan pengobatan katarak pada orang dewasa. Karena menurutnya, hingga saat ini katarak hanya bisa disembuhkan melalui operasi.

Tidak hanya pada bayi baru lahir, penyakit ini juga harus diwaspadai pada anak-anak. Sebaiknya periksakan mata anak sebelum usia enam tahun. Dengan demikian jika terjadi masalah pada mata bisa segera teratasi.

"Bayi itu kan memang umumnya ketika lahir hanya bisa melihat terang dan gelap. Karena itu penting untuk rutin melakukan pemeriksaan, minimal satu tahun sekali, agar mereka bisa melihat dengan sempurna saat usia lima tahun," ujarnya. (umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/450585-ketahui-penyebab-katarak-pada-bayi-baru-lahir
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger