Mengapa Wanita Rentan Terserang Kembung?

Salah satu hal yang membuat wanita sering kembung, dibanding pria, karena usus wanita lebih panjang. (drozfans.com)

Salah satu hal yang membuat wanita sering kembung, dibanding pria, karena usus wanita lebih panjang. (drozfans.com)

VIVAlife - Bagi sebagian masyarakat, perut kembung dipercaya sebagai tanda masuk angin. Namun, tahu kah Anda bahwa kondisi ini lebih sering dialami wanita dibanding pria?

Dr. Robynne Chutkan, seorang gastroenterologis dan founder Digestive Center for Women di Washington D.C. menjelaskan bahwa terdapat beberapa perbedaan mendasar pada saluran penceraan pria dan wanita. Salah satunya: usus wanita lebih panjang daripada pria. Rata-rata sepuluh sentimeter lebih panjang. Hal ini berhubungan dengan kemampuan wanita menyerap cairan saat hamil.

"Tubuh wanita didesain untuk menjaga air ketuban tetap penuh serta mengantisipasi sirkulasi dan tekanan darah yang meningkat saat hamil," ucapnya.

Selain itu, tulang panggul pria dan wanita pun berbeda. Wanita memililki tulang panggul bulat dan berada di bagian bawah karena letak rahim, ovarium dan saluran rahim yang berada di atas.

Perbedaan lain adalah hormon. Pria memilikli hormon testosteron lebih tinggi yang berarti dinding perut mereka lebih kuat. Sebaliknya wanita memiliki dinding perut lebih lemah karena pengaruh hormon esterogen yang tinggi.

Tak hanya itu, tingkat hormon oesterogen dan proesteron pada wanita juga memengaruhi pencernaan mereka sehingga perut lebih sering mengalami kembung.

"Di luar hal-hal tadi, masalah kembung juga dapat dipicu akibat mengkonsumsi permen karet, antibiotik dan stres," jelasnya seperti dikutip Daily Mail. 


http://us.life.viva.co.id/news/read/450474-mengapa-wanita-rentan-terserang-kembung-
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger