Mengkonsumsi Telur Ikan Ini Dapat Menyebabkan Kematian

Fugu (justhungry.com)

VIVAlife - Ikan adalah salah satu jenis seafood favorit banyak orang. Selain lezat, ikan mengandung banyak protein dan lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan. Itu lah sebabnya banyak dokter dan ahli kesehatan yang merekomendasikan ikan sebagai menu makan sehari-hari. Walaupun begitu, terdapat jenis ikan yang dilarang dikonsumsi, peredarannya pun dilarang di beberapa negara.


Ya, ikan buntal atau ikan fugu Jepang ini mengandung racun tetrodotoxin yang dapat merusak jaringan saraf sehingga melumpuhkan tubuh dan menyebabkan sesak nafas hingga kematian. Dilansir dari Rocketnews24, untuk menyajikan ikan fugu, restoran harus memililki chef berlisensi yang mampu mengolah fugu dengan tepat sehingga racunnya tidak menyebar ke seluruh daging ikan sehingga aman dikonsumsi.

Di Jepang, biasanya daging ikan fugu dijadikan sashimi dan disantap mentah-mentah. Namun, selain dagingnya, telur ikan fugu atau nuka-zuke lah lebih difavoritkan masyarakat Jepang. Masalahnya racun di telur ikan fugu sulit untuk dibuang. Untuk itu, telur ikan biasanya diasinkan atau difermentasikan dan didiamkan selama beberapa tahun hingga enzim yang tercipta akibat proses tersebut bekerja dan menghilangkan racunnya.

Walaupun terdengar mudah, tapi proses ini juga harus dilakukan oleh restoran berlisensi. Membuatnya sendiri di rumah adalah hal yang illegal di Jepang.

Di restoran-restoran di Jepang, nuka-zuke yang telah bebas racun biasanya dihidangkan dengan cara diiris-iris memanjang dan dihargai sekitar 840 yen atau sekitar Rp120,8 ribu per porsi yakni tiga hingga empat iris.

Masyarakat Jepang juga gemar menikmati hidangan ini dengan air perasan lemon kemudian disantap langsung atau dijadikan camilan teman minum sake. Banyak yang berpendapat, rasa sake mampu menyeimbangkan cita rasa telur iklan fugu yang tajam.


http://us.life.viva.co.id/news/read/449593-mengkonsumsi-telur-ikan-ini-dapat-menyebabkan-kematian
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger