Penulis Cerita Pendek Alice Munro Raih Nobel Sastra

Alice Munro meraih penghargaan Nobel Kesusastraan 2013. (REUTERS/Mike Cassese/Files)

Alice Munro meraih penghargaan Nobel Kesusastraan 2013. (REUTERS/Mike Cassese/Files)

VIVAlife - Penulis cerita pendek ternama asal Kanada, Alice Munro, meraih penghargaan Nobel Kesusastraan 2013. Dalam pengumuman di situs resmi Nobel Prize, Kamis, 10 Oktober 2013, Munro disebut sebagai 'Master of the contemporary short story' atau ahli cerita pendek kontemporer.

"Beberapa kritikus menganggap dia seorang Chekhovnya Kanada," kata Swedish Academy dalam pernyataan di situs resminya.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Munro, 82, mulai aktif menulis cerita sejak remaja. Ia dikenal orang lewat karya-karyanya, berupa cerita pendek. Munro diketahui telah menerbitkan banyak koleksi cerita pendek selama bertahun-tahun. Karyanya yang terkenal antara lain The View from Castle Rock di tahun 2006 dan Too Much Happiness yang terbit tiga tahun kemudian. 

"Tulisannya sering menampilkan penggambaran sehari-hari tetapi menegaskan peristiwa, pengalaman luar biasa yang menerangi kisah sekitarnya dan membiarkan pertanyaan eksistensial muncul secepat kilat," tulis Swedish Academy. 

Saat ini Munro tinggal di Clinton, tak jauh dari kediaman masa kecilnya di barat daya Ontario, Kanada. Pada tahun 2009, ia menjalani operasi bypass koroner dan dirawat karena kanker. Munro dikenal tak menyukai publikasi dan jarang melakukan wawancara dengan media.


http://us.life.viva.co.id/news/read/450675-penulis-cerita-pendek-alice-munro-raih-nobel-sastra
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger